Dark/Light Mode

Survei SMRC: Kang Emil Diprediksi Menang Mudah Di Jabar

Minggu, 9 Juni 2024 18:00 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil (Kang Emil). Foto: Istimewa
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil (Kang Emil). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memprediksi Ridwan Kamil (Emil) menang mudah jika maju kembali sebagai Calon Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) 2024. Bahkan, Emil tak perlu banyak kampanye dan mengeluarkan biaya politik.

"Kang Emil berpeluang besar menang tanpa harus banyak kampanye dan banyak biaya," kata Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani dalam rilis surveinya, Jumat (7/6/2024).

Deni memaparkan, berdasarkan surveinya kepada 810 orang warga Jabar rentang 27 sampai 2 Juni 2024, nama mantan Gubernur Jabar menjadi top of mind.

Saat responden ditanya sosok yang akan dipilih menjadi gubernur jika pilkada dilakukan hari ini, elektabilitas Emil tertinggi, yakni 25,2 persen.

Baca juga : Ditemani Emil Dardak, Gibran Bertemu Khofifah Di Surabaya

Di bawah Emil, ada nama eks Bupati Purwakarta yang juga Politikus Partai Gerindra Dedi Mulyadi dengan elektabilitas 16,3 persen. Di bawah Dedi, nama eks Wali Kota Bogor Bima Arya meraih elektabilitas 1,3 persen dan nama bekas Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mizwar dengan elektabilitas 0,9 persen.

"Setelah dua nama itu, kita tidak melihat ada nama yang cukup menonjol," ujar Deni.

SMRC menyodorkan sejumlah tokoh untuk dipilih oleh warga Jabar. Dalam pertanyaan semi terbuka dengan 27 nama tokoh, Emil tetap di puncak dengan elektabilitas 52,2 persen.

Menyusul Dedi 28,9 persen, eks Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwar 3,8 persen, dan Anggota DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi 1,9 persen. Nama-nama lain, berada di angka 1,9 persen dalam pertanyaan semi terbuka.

Baca juga : Elektabilitas Al Haris Stagnan, Romi Hariyanto Berpotensi Menangi Pilgub Jambi

"Kang Emil menjadi figur politik paling kuat. Ini modal besar bagi Kang Emil dan partainya ke depan. SMRC memprediksi, Partai Golkar bakal menang besar di Jabar jika mencalonkan Kang Emil," tuturnya.

Sebelumnya, Kang Emil yang juga Wakil Ketum Golkar itu mengungkapkan, belum ada keputusan dari partai sampai saat ini.

"Kalau boleh terus terang, hari ini itu siapa dengan siapa ke mana, yang saya tahu masih dibahas di level DPP. Keputusan ini lebih relevan kelihatannya bulan Juli. Karena sudah mengerucut, sehingga saya pun nanti pengumumannya bukan Ridwan Kamil ke mana? Tapi Ridwan Kamil dengan siapa ke mana," kata Kang Emil, Jumat (31/5/2024).

Sampai saat ini, kata Kang Emil, pihaknya baru menerima dua surat tugas dari Partai Golkar. Yakni penugasan di Jakarta dan Jawa Barat. Namun belum ada keputusan resmi.

Baca juga : Ngiler Gaji Selangit, Kevin De Bruyne Mau Main Di Arab Saudi

"Per hari ini, Golkar surat tugas saya kan dua masih berlaku. Dan dari DPP Golkar, Pak Airlangga, saya baik di Jabar maupun DKI diminta untuk menaikkan elektabilitas. Sehingga nanti ketika waktunya Juli, keputusannya sudah lebih matang," ucapnya.

Survei SMRC dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Margin of error survei di angka ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka ole pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih atau spot check. Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.