Dark/Light Mode

Dubes Heri: Lebaran Momentum Diaspora Indonesia Pererat Silaturahmi

Rabu, 10 April 2024 14:48 WIB
Warga Indonesia rayakan lebaran di Wisma Duta Besar RI di Tokyo, Rabu (10/4)
Warga Indonesia rayakan lebaran di Wisma Duta Besar RI di Tokyo, Rabu (10/4)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar silaturahmi Lebaran  di Wisma Duta Besar RI Tokyo. Lebih dari 3.000 warga dan diaspora Indonesia bersilaturahmi langsung dengan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi. 

Dubes Heri menyatakan rasa syukurnya atas terselenggaranya silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo yang digelar untuk kali pertama pasca pandemi Covid19. Terakhir giat dilaksanakan KBRI Tokyo pada Idul Fitri tahun 2019.

“Ini open house pertama setelah sebelumnya dibatasi oleh pandemi Covid19.  Kepada para warga, saya sampaikan agar tetap menjalin silaturahmi dan memperkuat kerukunan, serta terus menjaga nama baik Indonesia,” ujar Heri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/4). 

Baca juga : Pesan Lebaran Pj Heru: Jadikan Momen Idul Fitri Pererat Persaudaraan

Dengan meningkatnya jumlah warga Indonesia, Ia ingin mendorong warga Indonesia lebih meningkatkan silaturahmi dan gotong royong. 

“Saya pastikan, KBRI Tokyo senantiasa melakukan pemberdayaan dan pelindungan Warga Negara Indonesia di Jepang. Jangan lupa Lapor Diri di Portal Peduli WNI bagi yang belum,” tambah Heri.

Untuk mengurangi kepadatan arus antrean warga di jalur jalan menuju Wisma Duta, Aula Gedung KBRI Tokyo dibuka untuk menampung ribuan WNI yang ikut silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo ini. Usai bersalaman dan berfoto dengan Dubes Heri, para warga berkesempatan menikmati hidangan kuliner nusantara. 

Baca juga : Mendagri Harap Lebaran Jadi Momen Kebahagiaan-Kedamaian Pasca Pemilu

Dubes Heri mengatakan, Idul Fitri adalah momentum mempererat silaturahmi antar warga dan diaspora Indonesia di Jepang. Salat Idul fitri ini menurutnya, merupakan puncak rangkaian kegiatan Ramadan dan Idul fitri hasil kerja sama KBRI Tokyo dengan KMII Jepang dan MIT. 

Dalam khutbahnya, Habib Rifqi Alhamid mengajak warga Muslim Indonesia di Jepang untuk terus lebih meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Perkuat silaturahmi dan perbanyak amal kebaikan. 

Selama Ramadan 1445 Hijriah, KBRI Tokyo, KMII Jepang, dan Dewan Kemakmuran MIT menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya Salat Tarawih, Ramadan Ceria, serta Tablig Akbar sekali dalam sepekan. Selain di MIT, Salat Idulfitri juga digelar oleh warga dan diaspora Indonesia di Tokyo, di antaranya di Masjid Nusantara di Akihabara dan Masjid Al-Ikhlas di Kabukicho.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.