Dark/Light Mode

PAN: Jika Jadi Irjen Kemendag, Ahmad Luthfi Tak Bisa Maju Cagub Jateng

Kamis, 13 Juni 2024 15:07 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo mengkonfirmasi rencana PAN untuk mencalonkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Menurut Drajad, rencana PAN mengusung Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng itu disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat Rakorwil PAN Jawa Tengah di Semarang, Sabtu pekan lalu.

"Memang Ketum Bang Zul pernah menyebut nama Luthfi untuk pilgub Jateng. Tapi ada kabar juga bahwa Luthfi akan dijadikan Irjen Kemendag, yang berarti harus ASN atau TNI/Polri aktif," kata Drajad Wibowo saat dihubungi, Rabu (12/6/2024).

Baca juga : Linda Cs Vina Cirebon Kesurupan Lagi, Mbah MIjan: Plot Twist Makin Remang

Menurut Drajat, apabila Luthfi yang saat ini masih menjadi anggota Polri aktif dan diangkat menjadi Irjen di Kemendag, maka statusnya akan menjadi ASN.

"Jika ini terjadi, tentu tidak bisa maju menjadi Cagub. Saya belum tahu mana yang akan terjadi," sambungnya

Dalam kesempatan ini, Drajat menyampaikan jika elektabilitas sejumlah nama bakal calon di Pilgub Jateng masih dinamis dan belum ada calon yang dominan. Sehingga seluruhnya masih berpeluang untuk memenangkan pilkada.

Baca juga : 2 Jam Bertemu, Sudaryono dan Taj Yasin Sepakat Maju Bersama Di Pilgub Jateng?

"Karena itu untuk saat ini Mas Dar (Sudaryono), Gus Yusuf, mas Dico, dan mungkin juga bacagub lain, rasa-rasanya masih punya peluang seimbang di Jateng. Kita lihat saja perkembangan hingga akhir Juli 2024," ujarnya 

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meminta dewan pimpinan wilayah (DPW) partai mengusung Ahmad Luthfi sebagai bakal Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

"Saya minta Jawa Tengah, Pak Luthfi nanti dibawa ke rakorwil," kata Zulkifli usai Rakorwil PAN Jawa Tengah, di Semarang, Sabtu (8/6/2024).

Baca juga : Amanah Takaful dan Kemenag Pandeglang Siap Majukan Majelis Taklim

Selain itu, Zulhas yang juga menjadi Menteri Perdagangan mengatakan bahwa Luthfi juga sedang dalam proses untuk menjabat sebagai Irjen Kemendag.

Sementara pengamat ilmu politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat mengatakan bahwa Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi harus tegas untuk memilih menjadi bakal calon Gubernur Jawa Tengah atau Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag).

"Apa target dia yang mau disasar sampai dengan Oktober nanti? Menjadi Irjen Kementerian atau menjadi bakal cagub? Dia harus tegas menyampaikan di awal, sehingga masyarakat juga tahu mana yang jadi posisi cadangan. Jangan sampai seperti itu," katanya, dikutip Selasa (11/6/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.