Dark/Light Mode

Survei Litbang REQComm

Pilkada Bekasi 2024, Kusnanto Saidi Puncaki Medsos Dan Media Online

Sabtu, 15 Juni 2024 13:03 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontestasi Pilkada 2024 Kota Bekasi ternyata cukup mempengaruhi pola konsumsi media sosial maupun media online terkait informasi calon Wali Kota Bekasi.

Hal ini terekam dalam Survei Elektabilitas Calon Wali Kota Bekasi yang diselenggarakan Litbang REQComm pada 1 Maret hingga 31 Mei 2024.

Menurut Konsultan Komunikasi REQComm, Mulyono, survei yang berdasarkan data analis ini menunjukkan tingginya penggunaan media sosial dan media online oleh masyarakat untuk mengakses informasi Pilkada Bekasi 2024.

“Menariknya, pola konsumsi media terkait pemilu di tengah masyarakat cukup berbeda di antara para pendukung sejumlah bakal calon Wali Kota Bekasi yang berkontestasi,” kata Mulyono, di Jakarta, Sabtu (15/6/2024).

Baca juga : Survei LKPI Di Pilkada Jember: Faida Puncaki Elektabilitas Dengan 43,7 Persen

Ia mengatakan, pendukung Kusnanto Saidi cenderung lebih aktif mengonsumsi konten media sosial.

“Tercatat ada 581 eksposure positif media sosial didapat Kusnanto Saidi, yang unggul di media sosial X. Sementara Tri Adhianto menyusul dengan 523 eksposure, kemudian Nofel Saleh 348 eksposure,” ungkapnya.

Pola yang sedikit berbeda terlihat dari pendukung pasangan Heri Koswara dan Mochtar Mohammad, yakni masing-masing 338 dan 274 eksposure.

“Simpatisan Heri Koswara dan Mochtar Mohammad menduduki posisi 3 dan 4. Proporsi ini lebih tinggi dibandingkan dengan pendukung Kusnanto Saidi dan Tri Adhianto,” tuturnya.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Rabu 12 Juni Hadir Di Metropolitan Mall

Selain menjadi rujukan dalam hal mencari informasi, konsumsi konten di media juga bisa mempengaruhi pilihan masyarakat.

“Secara umum, sekitar sepertiga dari masyarakat mengaku informasi yang mereka dapatkan melalui media sosial menjadi rujukan dalam menentukan pilihan, bahkan mengubah pilihan mereka,” jelas Mulyono.

Mulyono mengatakan, pola-pola interaksi pemilih calon Wali Kota Bekasi dengan konsumsi media menunjukkan kecenderungan kuatnya pengaruh media sosial dan online sebagai rujukan informasi serta pertimbangan menentukan pilihan.

“Sebab di era digital ini, strategi kampanye dengan menggunakan dua media ini berpotensi efektif menjangkau konstituen. Efektivitas kedua media bisa dimanfaatkan untuk meyakinkan pemilih mengambang yang belum menentukan pilihan,” terangnya.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Rabu 5 Juni Hadir Di Metropolitan Mall

Berdasarkan hasil pengumpulan data pada media online, Kusnanto Saidi juga berada di urutan pertama dengan 592 pemberitaan dengan engagement sebesar 11.325 dari eksposure medsos.

Sementara Heri Koswara dengan 501 pemberitaan dengan engangement 2.419, dan posisi ketiga ditempati Tri Adhianto dengan 433 pemberitaan dengan engangement 2.348.

“Pada total sentimen, Kusnanto Saidi menerima sentimen positif sebesar 69.31 persen, Tri Adhianto 38.38 persen dan Heri Koswara 51.06 persen,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.