Dark/Light Mode

PKS Usung Sohibul Iman, Peluang Anies Makin Kecil Di Pilkada Jakarta

Senin, 24 Juni 2024 05:22 WIB
Sohibul Iman
Sohibul Iman

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan PKS untuk calon gubernur DKI Jakarta 2024 berubah.  DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan mengusung kader internal mereka, Mohamad Sohibul Iman untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Keputusan ini berarti peluang Anies Baswedan untuk maju melalui PKS menjadi kecil, meskipun masih memiliki elektabilitas tinggi dan dukungan dari partai lain.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri menjelaskan, alasan mengusung kader sendiri di Pilgub DKI. PKS menilai, Sohibul memiliki integritas dan mampu memimpin Jakarta dalam lima tahun kedepan.

Baca juga : Diganjar Penghargaan, Sarana Jaya Apresiasi Kinerja Kejati DKI Jakarta

"Sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS akan mengusung kader sendiri, Sohibul yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS sebagai calon gubernur Jakarta nanti," ujar Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6).

Meski begitu, ia mengatakan, bahwa pintu untuk mengusung Anies ataupun bakal calon yang lain masih terbuka. Ia menyatakan, bahwa sikap partai masih dinamis hingga nanti pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakilnya ditutup. 

Diketahui, Sohibul pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. Di bawah kepemimpinannya, PKS mengalami kenaikan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77%) pada 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019.

Baca juga : KIM Belum Bulat Usung Kang Emil Di Jakarta

"Artinya, kepemimpinan sudah teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik. Terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029 dan sempat memimpin DPR sebagai Wakil Ketua DPR," jelasnya.

Selain itu, Sohibul juga dikenal sebagai cendekiawan muslim dan memiliki banyak pengalaman sebagai pemimpin. Ia juga sebagai Rektor Universitas Paramadina.

"Sohibul figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. Perpaduan antara birokrat yang handal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,"  tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.