Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sambil Bagikan Masker Dan Hand Sanitizer Saat Kampanye

Cakada Yang Keren Edukasi Dan Sosialisasi Hidup Sehat

Kamis, 8 Oktober 2020 06:19 WIB
Menko Polhukam) Mahfud MD. (Istimewa)
Menko Polhukam) Mahfud MD. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilkada Serentak 9 Desember 2020 bakal digelar di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat kudu pintar-pintar jaga kesehatan.

Pemerintah mengajak semua calon kepala daerah (Cakada) membagikan masker sebanyak-banyaknya kepada masyarakat. Tujuannya, mencegah penyebaran Covid-19 dan menghindari klaster pilkada serentak.

Pada masker itu, paslon bisa mencetak gambar beserta nomor urutnya.

Baca juga : Ketua Satgas Covid-19: Vaksin Terbaik Saat Ini Adalah Protokol Kesehatan

“Saya mengusulkan setiap paslon itu berkampanye dengan membuat masker sebanyak mungkin, bisa puluhan ribu,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam keterangan video dari Humas Kemenko Polhukam, Selasa (6/10).

Mahfud juga mengusulkan kepada paslon untuk membuat tempat cuci tangan di jalan umum. Tempat cuci tangan tersebut bisa menjadi bahan kampanye dengan memuat gambar wajah paslon beserta nomor urutnya.

“Pembuatan tempat cuci tangan ini sebaiknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar bisa digunakan untuk umum,” saran mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Baca juga : Perlindungan Diri, Benteng Pertahanan Utama Tenaga Kesehatan

Menurut Mahfud, pentingnya paslon menyuarakan penerapan protokol kesehatan. PuspaXelfi mendukung usulan Mahfud. Kata dia, calon kepala daerah yang keren adalah yang punya program berlombalomba membagikan masker dan hand sanitizer.

“Para calon bisa sosialisasi gaya hidup sehat dan juga edukasi politik,” kata dia. Angin131 menyambar. Dia meminta Cakada membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat sembari kampanye protokol kesehatan.

“Ini bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya. “PAN wajibkan jagoan di pilkada bagi-bagi masker dan hand sanitizer,” saut Maririn556. “Wujudkan pilkada sehat, Pemprov Kepri luncurkan gerakan 1 Juta masker serentak,” tambah Tandaseru_id.

Baca juga : 35 Calon Muda Praja IPDN Positif Covid-19

Ardi mengatakan, dalam pelaksanaan pilkada, diharapkan semua pemilih mematuhi protokol Covid-19 seperti memakai masker dan lain-lain. “Ingat safety first dan sukses selalu Pilkada 2020,” harap dia.

lanangrineksa mengajak masyarakat sukseskan pilkada, meski di tengah badai Covid-19. Yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Pakai masker, rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan jaga jarak,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.