Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pilkada Surabaya

Survei Charta Politika, Elektabilitas Pasangan Eri-Armuji Di Atas Angin

Jumat, 4 Desember 2020 13:52 WIB
Pasangan Calon Wali Kota Surabay PDIP, Eri Cahyadi-Armuji. (Foto: ist)
Pasangan Calon Wali Kota Surabay PDIP, Eri Cahyadi-Armuji. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Pilkada serentak 9 Desember, Elektabilitas calon Wali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji terus naik dan makin sulit dikejar lawannya.

Berdasarkan survei teranyar dari Charta Politika Indonesia, elektabilitas Eri telah mencapai 85,5 persen. Sementara Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno mantap dipilih oleh 73,8 persen pemilih. 

Berita Terkait : Jika Tak Ada Tsunami Politik, Eri-Armuji Bisa Jadi Juara

"Strong voters pada pasangan Eri Cahyadi-Armuji mencapai 85,5 persen, sementara strong voters Machfud Arifin mencapai 73,8 persen," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, Jumat (4/12).

Dalam survei ini juga terungkap elektabilitas pasangan Eri-Armuji unggul 10,5 persen dari Machfud-Mujiaman. Rinciannya, elektabilitas Eri-Armuji  51,2 persen sedangkan Machfud-Mujiaman dipilih oleh 40,7 persen responden. Untuk sisanya responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab.

Berita Terkait : Survei Roda Tiga Konsultan: Elektabilitas Appi-Rahman Salip Adama

Survei Charta Politika dilakukan pada 18-24 November 2020 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Survei itu melibatkan 1.200 responden melalui wawancara tatap muka dan kuesioner terstruktur. Adapun margin of error dari survei tersebut mencapai kurang lebih 2,83 persen. [UMM]