Dark/Light Mode

Gerindra Juara Partai Politik Paling Informatif Versi Komisi Informasi

Rabu, 25 November 2020 18:31 WIB
Kantor DPP Partai Gerindra. (Foto: ist)
Kantor DPP Partai Gerindra. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Informasi (KI) memilih Partai Gerindra sebagai badan publik kategori partai politik yang paling informatif. Partai besutan Prabowo Subianto ini pun mendapat penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020.

Penyerahaan penghargaan tersebut disaksikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara virtual dari Jakarta, Rabu (25/11).

Baca juga : Asyik, Transjakarta Pasang Wifi Gratis Di Sembilan Koridor

Di posisi kedua dan ketiga ada Partai Demokrat dan PDIP. Keduanya juga memperoleh predikat sebagai partai politik Informatif. Sementara predikat parpol Cukup Informatif diraih Partai Golkar dan PPP. Sedangkan predikat parpol Menuju Informatif diperoleh PKB dan PKS.

Dalam sambutannya, Ma’ruf mengatakan pentingnya keterbukaan informasi sebagai pondasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta bebas dari tindak korupsi. “Keterbukaan informasi publik pada dasarnya menjadi hal strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas dari korupsi,” kata Ma’ruf.

Baca juga : Ini Dia Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020 Versi Kemenpora

Ma’ruf juga berpesan kepada badan publik yang meraih predikat Informatif untuk mempertahankan usahanya dalam memberikan akses informasi kepada masyarakat, sebagai bagian dari peningkatan pelayanan publik. Terhadap badan publik peraih predikat Menuju Informatif, dia meminta lembaga tersebut untuk dapat memperkuat komitmen dan meningkatkan strategi dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Sementara kepada badan publik yang masih dalam predikat Cukup Informatif, Ma’ruf berpesan agar terus melakukan perbaikan dalam menerapkan keterbukaan informasi publik. Sedangkan, bagi badan publik yang masih dalam kualifikasi Cukup Informatif, agar terus melakukan akselerasi dengan mengaplikasikan nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, inovasi, serta partisipasi ke dalam setiap aspek pelayanan informasi kepada publik. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.