Dark/Light Mode

Dikasih Perkutut Rp 100 Juta, Bupati Situbondo Langsung Lapor Ke KPK

Sabtu, 27 Februari 2021 17:14 WIB
Bupati Situbondo, Karna Suswandi menerima hadiah burung Perkutut dari seorang pengusaha, di sela acara Penyambutan dan Doa Bersama di Pendopo Kabupaten Situbondo, Sabtu (27/2/2021). [Foto: Novi H / ANTARA]
Bupati Situbondo, Karna Suswandi menerima hadiah burung Perkutut dari seorang pengusaha, di sela acara Penyambutan dan Doa Bersama di Pendopo Kabupaten Situbondo, Sabtu (27/2/2021). [Foto: Novi H / ANTARA]

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Situbondo Karna Suswandi layak dicontoh. Pasalnya, begitu mendapat hadiah seekor burung Perkutut dari seorang pengusaha, dia langsung melaporkan hadiah itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apalagi, nilai burung itu seharga sekitar Rp 100 juta.

Karna menerima burung itu di sela acara penyambutan dan doa bersama di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021). Karena khawatir masuk dalam kategori gratifikasi, usai acara penyambutan dan doa bersama Bupati dan Wakil Bupati Situbondo periode 2021—2024, dia segera mengembalikan atau melaporkan pemberian hadiah tersebut ke KPK.

Baca juga : Kasihan Rupiah, Habis Menguat Langsung Loyo Lagi

"Saya segera sampaikan dan melaporkan pemberian hadiah burung ini ke KPK. Jika harus diserahkan ke negara, ya, secepatnya diserahkan. Kalau bisa hari ini juga," ungkap Karna.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Syaifullah mengatakan, pemberian itu memang tidak masuk dalam rangkaian (rundown) acara atau diselipkan. "Ini (hadiah burung dari pengusaha) aspirasi dari masyarakat. Kalau saya tolak, nanti sakit hati. Tapi, Pak Bupati sesuai dengan prosedur langsung melaporkan ke Kapolres Situbondo dan Inspektorat, kemudian akan menyerahkan burung itu ke KPK," ucapnya.

Baca juga : KPK Setor Rp 699 Juta Dari Korupsi Jalan Papua Ke Kas Negara

Menurut informasi yang diterimanya, Karna sudah menyampaikan langsung ke Kapolres mengenai hadiah tersebut, dan akan segera diproses. "Tadi kami langsung menyampaikan ke Inspektorat dan segera berkoordinasi dengan Polres. Nantinya terserah KPK, apakah disita untuk negara atau diserahkan kembali. Yang jelas Bupati sudah mengembalikan," ucapnya.

Setelah dilantik bersama kepala daerah terpilih lainnya oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2), Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Khoirani disambut oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, saat tiba di Pendopo Kabupaten Situbondo. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.