Dark/Light Mode

Anti Klimaks P(l)andemi Corona

Senin, 13 Desember 2021 06:45 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir kisah Coronavirus ternyata biasa saja. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan good bye sama p(l)andemi. Di Indonesia, sesungguhnya banyak virus yang lebih ganas dari itu dan masyarakat kita telah terbiasa. Kita semua sepertinya termakan narasi besar--untuk tidak mengatakan rekayasa--kalangan medis mancanegara.

Baca juga : UU Ibu Kota dan Keberpihakan

Di negeri ini, senyatanya otot-otot masyarakat kita sudah terlatih dengan permasalahan yang lebih kompleks dari virus Corona. Pada saat yang sama, sudah punya mekanisme menyelesaikan masalahnya. Mandiri dan sendiri-sendiri.

Baca juga : Reuni Yang Tak Direstui

Masyarakat kita terbiasa tidak menyandarkan pertolongan kepada negara. Negara sering absen dari masalah warga negaranya sendiri. Jadi sejatinya tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

Baca juga : Tipu-tipu Varian Baru

Kita tidak mau Pemerintah kita mendramatisir geger Corona. Seolah biang masalah hidup berbangsa dan bernegara ini karena Corona. Padahal, sesungguhnya banyak penyebab lain yang berkontribusi signifikan pada masalah bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.