Dark/Light Mode

Siaga Omicron

Sabtu, 18 Desember 2021 06:30 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Pengawasan terhadap proses karantina orang-orang yang baru datang dari perjalanan internasional juga mesti ditingkatkan.

Jangan sampai ada orang yang datang dari luar negeri, lolos atau kabur dari karantina. Sekali lolos, bisa berakibat fatal.

Baca juga : Tangkal Omicron

Meski belum ada tanda-tanda varian baru ini menyebar di komunitas, kita berharap otoritas kesehatan dan Satgas Covid-19 menggencarkan kembali kampanye pentingnya vaksinasi dan prokes.

Mereka yang selama ini anti vaksin mesti disadarkan bahwa vaksinasi itu bisa menyelamatkan diri mereka dan keluarganya dari serangan fatal Covid. Kalaupun kemudian terinfeksi Covid, umumnya tanpa gejala atau bergejala ringan.

Baca juga : Waspada Omicron

Hasil riset sementara epidemiologi di Afrika Selatan menunjukkan, 77 persen orang yang terinfeksi Omicron adalah mereka yang belum divaksinasi.

Oleh karena itu, kita berharap, para gubernur, bupati dan walikota turun langsung ke perkampungan padat penduduk untuk meyakinkan masyarakat supaya mau divaksinasi.

Baca juga : Jangan Mudik Saat Libur Nataru

Kalau 70 persen penduduk sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dan mulai Januari 2022 lansia akan memperoleh booster, kita berharap negeri ini bisa terhindar dari terjangan gelombang ketiga Covid. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.