Dark/Light Mode

Negeri Tanggap Bencana

Senin, 10 Juni 2019 09:38 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Negeri ini negeri yang rentan bencana. Sudah merupakan takdir geografis-nya negeri ini penuh dengan gunung-gunung merapi aktif. Menyadari takdir Ilahi seperti ini maka sudah seharusnya kita selalu waspada dan bisa mengadaptasi diri dengan ketetapan bumi pertiwi penuh dengan vulkanik.

Negeri Sakura telah lebih dulu peka terhadap takdir geografisnya yang rentan bencana. Jepang masyhur sebagaj negeri langganan gempa. Menyadari hal itu pemerintah dengan cekatan men-desain gedung perkantoran, apartemen, dan rumah-rumah warga yang friendly dengan gempa. Artinya, ketika ada goncangan hebat struktur bangun di Jepang sangat fleksibel sehingga tidak mudah rubuh.

Baca juga : Melek Sosial Media

Bukan hanya arsitektur bangunan di Jepang yang tahan goncangan, para warga di negara asal Toyota itu sangat tanggap dan siap siaga dengan bencana yang datang tak diduga-duga. Mereka punya SOP (standar operation prosedure) sendiri ketika ada early warning dari institusi seperti BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika) Jepang.

Dengan adanya SOP tersebut, warga bisa dengan cepat melakukan penyelamatan diri. Kemampuan menyelamatkan diri secara merata inilah yang mengakibatkan jumlah jatuhnya korban nyawa akibat bencana bisa diminimalisir. Pemerintah dengan demikian bisa menjadi instrumen penyelamat nyawa warga negaranya.

Baca juga : Status Tersangka Menanti

Negeri ini memiliki tingkat kerawanan yang tinggi, patahan-patahan, dan lempengan bumi sudah mulai terlihat dari udara membentang di atas permukaan laut. Hanya dengan tekanan merapi yang berderet di beberapa pulau besar indonesia dapat mengakibatkan pergeseran tanah darat dan laut yang menjadi pemicu gempa bumi dan tsunami.

Realitas geografi yang demikian inilah yang harus menjadi dasar bagi para pemangku kebijakan untuk melakukan edukasi kepada warga tentang bagaimana cara tanggap terhadap keadaan-keadaan darurat bencana. Pemerintah melalui BMKG harus punya teknologi canggih yang mampu mendeteksi sekaligus memberikan early warning sistem (sistem peringatan dini) terhadap bencana. ***
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.