Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

King Maker Formasi Kabinet

Senin, 22 Juli 2019 06:23 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapakah dan apa yang dimaksud king maker itu? Kamus perpolitikan pasca reformasi sudah mengintrodusir term ini. Dipakai untuk melukiskan siapa di balik keputusan dan langkah politik besar di negeri ini.

Setiap penentuan formasi pemerintahan di sebuah koalisi politik selalu saja ada yang tampil dan dikategori sebagai sosok king maker. The real king maker biasanya dipersembahkan kepada seorang yang berhasil mengantarkan ke kursi nomor 1 republik.

Dan di 2014 dan di 2019 ini gelar itu sepertinya jatuh ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri yang mengantarkan Jokowi jadi RI 1.

Baca juga : Antrean Para Tersangka

Ada beberapa figur yang tampak menjadi king maker di tengah proses negosiasi penyusunan formasi kabinet. Beberapa kandidat sudah mulai digadang-gadang. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diketok palu.

Kita benar membutuhkan banyak opsi siapa yang pantas masuk formasi pemerintahan negeri ini. Beberapa kandidat king maker itu yakni, sosok Megawati sebagai ketum parpol yang prediksi masih jadi jawara. Bisa Jokowi lagi atau boleh jadi yang lain yang diajukan. Dari sisi modal politik memang masih memungkinkan putri sulung Bung Karno ini jadi king maker.

Ada figur Prabowo yang punya Gerindra. Meski sampai saat ini ia masih didesak tampil jadi oposisi, namun desas-desusnya, ia bisa mengajukan nama-nama alternatif yang lebih fresh dan berpotensi menjadi anggota kabinet.

Baca juga : Siaga Bencana

Ada yang juga ikut getol memainkan kursi ini sosok pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Ia terus melakukan kritik pedas ke Jokowi dan terus melakukan safari politik untuk memuluskan negosiasi di antara oposisi atau gabung dengan pemerintahan.

Ia terus-terusan melakukan produksi pernyataan yang memberi efek kejut luar biasa. Sosok Amien memang punya riwayat sukses jadi king maker mengantarkan Gus Dur jadi Presiden, menjatuhkannya, dan mengangkan Megawati menjadi penggantinya.

Kita lihat apakah ikhtiarnya bernegosiasi di antara oposisi atau pemerintahan kali ini membuahkan hasil. Terakhir SBY. Ia juga berpotensi besar menjadi king maker. Partainya masih lumayan determinan untuk menentukan dalam menjaga stabilitas politik.

Baca juga : Akhir dari Cebong Vs Kampret

Poros ketiga sepertinya sedang terus diupayakannya, dengan harapan anak sulungnya bisa tampil dalam bursa kabinet. Kita berdoa semoga terbaik untuk formasi pemerintahan periode kedua Jokowi ini.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.