Dark/Light Mode

Godaan Korupsi Politisi Muda

Senin, 24 Juni 2019 08:34 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Godaan korupsi tidak selalu menerjang pejabat/politisi senior. Anak-anak muda yang baru di fase awal karir kedudukannya sebagai pejabat publik sudah banyak menerima serangan dan jatuh jadi korban. Miris sekali melihat deretan politisi muda yang diharapkan sebagai penggerak pemuda dihantam badai gerakan pemberantasan korupsi.

Ini bukan pertama kali dalam sejarah. Ini sejarah yang berulang. Ya, sudah banyak tokoh muda yang tercokok tindak kejahatan kemanusiaan korupsi. Beberapa partai yang petingginya anak-anak muda bahkan banyak yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini bener-bener bad news.

Baca juga : Pertemuan Jokowi-Prabowo

Para politisi muda yang sejatinya insipirasi integritas moral, menjadi penyuntik semangat penyelenggaraan pemerintahan yang bersih serta politik kekuasaan bermartabat berubah menjadi bad example. Generasi muda ternoda di usia belia oleh godaan kekuasaan. Ternyata rentan dan rapuh juga. Tidak ada yang mengambil pelajaran sejarah.

Betapa perilaku kekuasaan yang menyimpang lambat laun pasti terbongkar. Kuping KPK ini kelewat tipis. Slalu saja terendus kalau ada miss-management dan kongkalingkong menyelewengkan keuangan negara. Sikap kekuasaan menyimpang yang terendus KPK tidak peduli rentang jarak jauh geografis. Di ujung Timur Papua saja tercium dan lalu tercokok. Di Indonesia paling Barat, Aceh, juga demikian.

Baca juga : Lelucon Patroli WA

Pemerintah daerahnya banyak yang terjaring OTT. Jadi sekarang jangan main-main. Seberapa kecil nilai korupsi pasti terendus. Karena KPK bergerak karena ada aduan. Dan sekarang aduan dipermudah aksesnya, lepas dengan modus dan motif dari pengadu. Pasti direspon apalagi ada data awalnya. 

KPK ini kan memang punya tugas khusus untuk shock therapy. Semoga saja kejutan-kejutan gebrakan mereka mencipta sikap takut korupsi di berbagai lapis instansi pemerintah. Indonesia harus segera jadi negara paling rendah tingkat korupsinya di dunia. Dan anak muda harus menyiapkan mental agar kuat dari godaan korupsi. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.