Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bisakah Kaesang Ikuti Gibran?

Senin, 30 Januari 2023 05:21 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kaesang Pangarep membuat keputusan mengejutkan. Putra bungsu Presiden Jokowi ini menyatakan tertarik masuk dunia politik. Padahal, sebelumnya, Kaesang tak pernah mau cawe-cawe urusan politik. Dia hanya fokus pada bisnis makanan dan juga ngurus bola, sebagai bos Persis Solo.

Kita belum tahu apa motivasi utama yang mendorong Kaesang mau masuk politik. Publik juga belum dapat bocoran, target apa yang ingin diraih Kaesang, apakan ingin menjadi Wali Kota Solo seperti kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, atau mau menjadi anggota DPR. Karena, sampai kemarin, Kaesang masih bungkam. Dia baru bicara kepada Gibran dan Jokowi.

Niat Kaesang masuk politik ini langsung menjadi isu hangat. Sebagian mendukung. Bahkan beberapa parpol langsung membuka pintu lebar-lebar dan mengajak Kaesang gabung. Sebagian lagi mengkritisi, dengan menuding bahwa niat Kaesang itu akan semakin menguatkan dinasti politik.

Baca juga : Mas Witjak: Kaesang Lebih Cocok Di PPP

Di sini, kita tidak akan membahas pro-kontra itu. Tulisan ini hanya ingin mengupas sedikit mengenai peluang Kaesang di dunia politik.

Jika ingin menjadi Wali Kota Solo untuk menggantikan Gibran yang mau naik kelas menjadi Gubernur, Kaesang tidak wajib menjadi anggota parpol. Cukup baginya melakukan pendekatan dengan parpol-parpol untuk mendapatkan tiket. Bahkan, Kaesang juga bisa maju dari jalur independen. Namun, sepertinya hal itu tidak akan dilakukan Kaesang. Kemungkinan besar Kaesang akan memilih salah satu partai, dan PDIP memiliki peluang paling besar untuk menjadi “rumah” Kaesang.

Mengenai peluang keterpilihan, ini perlu diukur terlebih dulu. Sebab, selama ini, belum ada survei untuk mengukur keterpilihan Kaesang di Pilkada. Hal ini berbeda dengan kondisi Gibran saat menghadapi Pilwakot Solo 2020. Ketika itu, sebelum Gibran menyatakan mau maju, sudah ada hasil survei terlebih dahulu yang menunjukkan elektabilitasnya sangat besar.

Baca juga : Menteri Teten Ajak Kader Banteng Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Namun, untuk mendapatkan elektabilitas tinggi, sepertinya bukan hal sulit bagi Kaesang. Sebab, popularitasnya sangat tinggi. Mayoritas warga Solo mengenal Kaesang. Sikapnya yang supel dan suka humor menjadikannya digemari banyak pihak, terutama para milenial. Kaesang juga punya modal karena bisa mengangkat performa Persis Solo, klub kebanggaan warga Surakarta. Dengan kondisi ini, langkah Kaesang untuk mengikuti jejak Gibran sepertinya tidak akan sulit.

Jika Kaesang mau menjadi anggota DPR, maka dia wajib menjadi kader partai. Sedari sekarang, dia harus segera melakukan pedekate, sebab pencalegan akan segera dimulai. Untuk partai yang dipilih, PDIP jelas memiliki peluang besar. Namun, parpol-parpol lain juga masih punya kesempatan.

Mengenai keterpilihan di Pemilu 2024, peluang Kaesang sama besarnya dengan ikut Pilwakot. Dia punya modal sangat besar, baik dari sisi dalam dirinya sendiri, maupun dari pengaruh ayahnya, Presiden Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.