Dark/Light Mode

Perlu, Meniru Transformasi Garuda Muda

Senin, 29 April 2024 05:15 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia sungguh membanggakan. Pencapaian para Garuda Muda sudah melampaui target. Dari hanya dipatok masuk perempat final, kini sudah masuk semifinal. Bahkan, punya peluang besar lolos ke Olimpiade Paris. Kesuksesan ini perlu ditiru oleh bidang lain, termasuk para elite politik.

Kesuksesan Timnas U-23 bukan didapat secara instan. Pembinaan, pembibitan sudah dilakukan sejak lama. Plus adanya tambahan kekuatan dengan para pemain naturalisasi, yang pola rekruitmennya dengan selektif.

Baca juga : APBN Kita Segagah Timnas Garuda Muda

Saat bermain, skuad Garuda Muda ini tampil kompak, solid, dan saling mem-back up. Tidak ada iri-irian dan ego-egoan. Padahal mereka berasal dari berbagai latar belakang dan daerah yang berbeda-beda. Semua mampu bersatu di bawah naungan Merah Putih. Bahkan, saat ada salah satu pemain yang melakukan kesalahan, mereka tetap kompak dan menunjukkan daya juang luar biasa sampai detik-detik akhir permainan. Saat ada yang cedera, penggantinya pun mampu menjalankan peran yang baik.

Hal inilah yang perlu ditiru bidang lain, termasuk politik. Sebentar lagi, pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menyusun kabinet. Alangkah baiknya jika para anggota kabinet nanti memiliki sikap, semangat, keahlian, dan kekompakan seperti Garuda Muda, sehingga mereka pun bisa meraih sukses.

Baca juga : Malam Ini Lawan Yordania, Garuda Muda Kudu Menang

Ingat, tantangan ke depan sangat berat. Terutama masalah ekonomi dan perubahan iklim. Dengan memanasnya politik di Timur Tengah plus perang Rusia dan Ukraina yang belum berakhir, akan membuat ekonomi dunia semakin gonjang-ganjing. Harga pangan dan energi akan terus terkerek. Jika tidak ditangani oleh tim-tim yang ahli, kompak, dan solid, ekonomi kita bisa ikut oleng.

Rekruitmen calon menteri ini bisa asosiasikan dengan pencarian bibit-bibit pemain dalam skuad Garuda Muda. Prabowo-Gibran bisa mencari dari mana saja. Yang penting, sosok menteri itu punya kompetensi, skill, keahlian, daya juang, dan cinta Tanah Air yang tinggi. Bahkan bisa juga melakukan “naturaisasi” dalam artian memulangkan seseorang yang punya kemampuan tinggi di luar negeri untuk mengabdi di Tanah Air.

Baca juga : Lantik Deputi Bidkor Kominfotur, Menko Hadi Dorong Transformasi Digital

Saat bekerja, para anggota kabinet tersebut tidak boleh jiper dalam menghadapi persoalan. Apalagi menyerah sebelum bertanding. Mereka harus meniru semangat juang para Garuda Muda, yang tak takut menghadapi musuh tangguh dengan nama besar. Para anggota kabinet harus selalu yakin, dengan kesungguhan kerja, semua masalah bisa dihadapi. Mereka juga harus mampu menunjukkan kerja keras sampai akhir, bukan cuma semangat saat awal-awal kemudian loyo di tengah dan di akhir.

Dengan meniru transformasi Garuda Muda, mudah-mudahan kabinet nanti bisa bekerja sangat baik dan hasilnya memuaskan. Sehingga pemerintahan kabinet Prabowo-Gibran mampu menciptakan prestasi, utamanya menyejahterakan rakyat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.