Dark/Light Mode

FIFA Larang Persija Transfer Pemain Selama 3 Periode

Selasa, 2 April 2024 13:12 WIB
Para pemain Persija di pentas Liga 1. (Foto : ist)
Para pemain Persija di pentas Liga 1. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat klub Indonesia, termasuk Persija Jakarta mendapat hukuman dari Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) karena diduga melanggar klausul aturan transfer pemain.

Tiga klub lain, yakni Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, dan Sada Sumut FC.  

Keempat klub tersebut mendapat sanksi larangan melakukan aktivitas transfer pemain, baik skala nasional dan internasional dalam tiga periode atau registration ban.

Baca juga : Cuaca Tangerang Hari Ini Per Jam Hujan Atau Panas? Ini Info BMKG Selasa 2 April

Registration ban adalah larangan bagi klub untuk mendaftarkan pemain baru yang direkrutnya di bursa transfer ke federasi setempat. Larangan itu membuat klub-klub tersebut tidak bisa memainkan pemain baru mereka.

Keempatnya diduga melakukan pelanggaran transfer atau memiliki utang transfer yang belum dibayar ke klub lain.  

Laman AP News menjelaskan, Persija dan Persiraja akan menjalani sanksi tersebut mulai 26 Januari 2024. Sementara hukuman Persikab dan Sada Sumut FC dimulai pada 26 Februari 2024.  

Baca juga : Kapolri Perketat Pengamanan Jalur Rawan Selama Mudik Lebaran

Sanksi ini akan membuat Persija dan ketiga klub lainnya tak bisa mendaftarkan pemain baru. Mereka hanya bisa memakai pemain lama yang masih terikat kontrak.  

Sebelumnya, Persiwa Wamena juga mendapatkan sanksi serupa pada 2022. Bahkan, sanksi untuk klub asal Papua itu tak memiliki periode waktu yang ditentukan, alias hingga FIFA mencabut hukuman tersebut.  

Meski begitu, sanksi tersebut bisa jadi dicabut jika klub yang terhukum melakukan tindakan penyelesaian yang tepat. 

Baca juga : Nyanyi Lagu Taylor Swift Selama Operasi

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.