Dark/Light Mode

Mengantisipasi Bencana Alam

Senin, 25 Maret 2024 04:54 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia harus menyiapkan diri sebagai negeri yang selalu siaga satu terhadap datangnya bencana. Sebab, berbagai bencana selalu mengintai negeri ini. Baik yang disebabkan karena peristiwa alam maupun akibat ulah destruktif tangan manusia-manusia tidak bertanggung jawab.

Banyak sekali peristiwa darurat terjadi karena ulah manusia yang rusak karakternya. Karakter moralnya juga karakter kinerjanya. Akibat ulah segelintir manusia zalim ini, kita kehilangan fokus untuk bersama membangun negeri yang kokoh, maju, dan terpandang di mata dunia. Energi kita menjadi terkuras untuk mengatisipasi dan mengatasi bencana-bencana itu.

Baca juga : Sembako Jangan Sampai Langka

Bencana akibat ulah manusia itu antara lain banjir, longsor, dan yang dampaknya lebih luas adalah perubahan iklim. Kerugian besar harus kita tanggung akibat bencana-bencana ini. Bahkan, untuk perubahan iklim, bisa mengancam kelangsungan hidup manusia. Belum lagi dampaknya seperti gagal panen.

Untuk bencana karena peristiwa alam, juga banyak sekali. Sebab, negeri kita ini berada dalam ring of fire. Kita dikelilingi gunung berapi aktif, yang setiap saat berpotensi meletus.

Baca juga : Menteri AHY Ungkap Dua Kasus Mafia Tanah Di Jatim

Sebagian wilayah kita juga sangat rawan dengan gempa bumi. Hampir setiap pekan, terdapat laporan gempa bumi, meski skalanya tidak besar.

Untuk itu, kita sebagai bangsa, khususnya para pemangku negara, harus mulai menata penanganan bencana ini. Caranya bukan hanya early warning system bencana, tapi juga selalu siap dengan emergency action. Ini bukan hanya perlu dilakukan di pusat tapi juga pemerintah daerah.

Baca juga : Mengaktualisasikan Pancasila Dalam Menyambut Ramadhan

Daerah-daerah yang secara geografi dan analisa geologisnya tertinggi potensi bencananya, harus merancang aksi antisipasi dan rencana kontigensi yang disosialisasi secara luas kepada warganya. Bila diperlukan, selalu ada simulasi jika keadaan yang diinginkan terjadi.

Desain rumah tinggal, infrastruktur, petunjuk arah emergency exit sudah harus dirancang bagian tata kota seluruh kabupaten dan kota. Sekali lagi, negeri ini berada dalam ring of fire. Karenanya, kita sudah harus mulai mengenali keberkahan dan keganasannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.