Dark/Light Mode

Terowongan Silaturahim

Rabu, 12 Februari 2020 02:15 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejatinya bukan hanya terowongan silaturahim yang dibangun. Harus lebih banyak lagi instrumen lain yang memperantarai terjalinnya silaturahim sesama anak bangsa. Terowongan silaturahim yang akan dibangun menghubungkan Mesjid Istiqlal dan Gereja Katedhral itu hanya icon.

Bukan hanya icon tersambung tali silaturahim kebangsaan, juga simbol yang diharapkan menginspirasi bagi mesjid-gereja di seluruh pelosok negeri. Bagaimana pun Istiqlal dan Katedral adalah icon bagi kedua umat beragama berpengaruh di Indonesia. Silaturahim ini akan berimplikasi ke banyak hal.

Baca juga : WNI Eks ISIS

Silaturahim itu pada tahap selanjutnya bisa mengusir prasangka buruk. Bisa melatih otot sikap toleransi. Otot saling mengerti, pengertian. Saling bantu membantu, gotong royong. Semua dalam framework persahabatan sesama anak bangsa bahkan persaudaraan antar anak cicit Adam.

Konsep eskatologis dari terjalinnya tali silaturahim ialah memanjangkan usia dan memperbanyak rejeki. Panjang usia tidak harus dalam makna panjang usia kehidupan tapi usia kebaikan seseorang yang dikenang semasa hidup, semasa pergaulan antar sesama warga masyarakat dunia.

Baca juga : Wabah Virus Tiktok

Melimpahnya rejeki dengan silaturahim bisa dimaknai meluasnya peluang dan baha, linking, dan bridging. Jejaring silaturahim sekaligus menjadi stepping rejeki bisnis. Semakin luas jejaring silaturahim lebih baik.

Sesama anak bangsa, hal-hal seperti sangat penting. Inilah ikhtiar untuk bisa merekatkan hubungan pertemanan, persahabatan dan bahkan persaudaraan sebangsa dan setanah air. Ikhtiar silaturahim bisa mengusir prasangka burum antar sesama.

Baca juga : Tajam ke Bawah, Tumpul ke Atas

Di tengah bermunculan pelbagai masalah termasuk bayang-bayang serangan virus Corona, penting bagi kita untuk sama-sama bahu membahu mencegah pesebaran virus ganas ini. Ketimpangan ekonomi akibat perang ekonomi juga harus dihadapi bersama dan itu hanya bisa terjadi bila antar anak bangsa terjalin tradisi silaturahim yang kuat. Terowongan ini hanya contoh pelopor saja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.