Dark/Light Mode

Presidennya Warganet

Jumat, 10 Januari 2020 07:03 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi rasanya boleh dikategori sebagai kepala pemerintahan yang sangat responsif terhadap apa yang sedang happening di negeri ini. Ia seperti mengerti apa yang tengah jadi concern, kecemasan, dan harapan rakyatnya. Bagaimana bisa ia demikian?

Presiden Jokowi sepertinya punya tim yang memelototi yang trending topic di sosial media.

Kenapa sosial media, karena warga negara republik ini sudah sangat attach dan engage dengan sosial media. Mereka sudah menganggap jejaring sosmed sebagai ruang nyata, bukan maya lagi, untuk bermasyarakat.

Baca juga : Mengutuk Banjir?

Sosmed menjadi ruang terbuka bebas menyatakan sikap, berbagi informasi, berkelakar, bergosip, dan mengais rezeki.

Mereka bisa dengan gercep mendesiminasi dan mengakses informasi apapun. Mereka sendiri-sendiri tapi tak jarang berjejaring. Mereka sudah berhimpun dalam ikatan solidaritas yang solid menyikapi sebuah permasalahan.

Mereka mengikat dalam sebuah kekuatan jejaring Netizen atau warganet. Mereka bisa dengan kompak melakukan pressure dengan tagar.

Baca juga : Megaskandal (Lagi)

Tekanan opini yang mereka galang itulah yang menjadi penanda apa yang tengah dipikirkan dan dirasakan oleh rakyat. Dan Presiden Jokowi benar-benar menggunakan informasi dari netizen sebagai prioritas untuk direspon cepat.

Jadilah Jokowi saat ini. Kecepatan merespon ini telah menjadikan Jokowi sebagai seorang pemimpin yang responsif dan slalu memimpin di pusat krisis. Ia tidak pernah ketinggalan dengan updates, dan selalu hand on dengan permasalan yang dibadapi rakyatnya. Eksekusi persoalan begitu cepat.

Gaya Jokowi mendorong pemimpin daerah untuk juga lebih proaktif. Mereka dipaksa mengikuti ritme Jokowi. Ikut blusukan. Ikut lebih sederhana. Lebih santuy. Lebih dekat rakyat. Semoga tetap seperti itu. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.