Dark/Light Mode

Ayo Bantu Pekerja Harian

Sabtu, 28 Maret 2020 07:49 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyebaran virus Corona (Covid-19) makin mengkhawatirkan, terutama di wilayah Jabodetabek. Jumlah pasien positif Corona meningkat singnifikan. Orang yang meninggal akibat virus ini terus bertambah.

Supaya penyebaran Corona tidak makin meluas, permintaan kepada masyarakat agar tinggal di rumah mesti dilakukan lebih gencar oleh para pemimpin negeri ini.

Bukan hanya meminta jaga jarak. yang lebih penting sebenarnya adalah tinggal di rumah. Bila sebagian besar masyarakat mau tinggal di rumah, rantai penyebaran virus ini akan terputus.

Baca juga : Solidaritas Nasional

Sudah saatnya, Pemerintah menyiapkan bantuan dana untuk para pekerja harian dan mereka yang hidup dari sektor informal. Para pekerja harian itu akan mau tinggal di rumah selama 14 hari apa bila mereka dapat bantuan dana untuk makan keluarganya. Kemudian tagihan listrik dan air dibayar Pemerintah.

Hal serupa mesti diberikan kepada mereka yang hidup dari sektor informal. Untuk tahap pertama, bantuan perlu diberikan kepada pekerja harian dan pekerja sektor informal di wilayah Jabodetabek. Ini penting, supaya penyebaran virus Corona di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya secepatnya menurun.

Orang-orang yang hidup dari sektor informal makin hari makin sulit mencari uang. Pasar makin sepi. Banyak orang takut makan di luar. Kemudian untuk para penjaga toko di mal-mal yang sejak awal pekan ini sudah mulai tutup, juga mesti diberikan bantuan.

Baca juga : Darurat Corona

Kementerian Keuangan dan Kementerian Sosial perlu secepatnya menyiapkan dana bantuan sosial dan dana bantuan darurat bagi rakyat kecil.

Untuk ini, kita berharap DPR memberikan dukungan penuh, khususnya yang berkaitan dengan pengalihan anggaran untuk membantu rakyat kecil yang kehidupannya terpuruk akibat wabah Corona.

Kemudian, untuk daerah yang sudah masuk zona merah, Pemerintah perlu secepatnya menyiapkan masker dan hand sanitizer untuk diberikan secara gratis ke masyarakat, terutama para pekerja harian.

Baca juga : Corona Bisa Picu Resesi

Pemerintah memang mesti secepatnya mengambil langkah terobosan untuk membantu para pekerja harian dan pekerja di sektor informal. Terutama untuk mereka yang sudah berhenti kerja atau tidak punya sumber pendapatan lagi.

Setelah para pekerja harian itu dibantu, baru mereka diminta tinggal di rumah. Kalau upaya ini bisa direalisasikan, kita yakin mata rantai penyebaran virus Corona bisa secepatnya diputus. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.