Dark/Light Mode

Solidaritas Nasional

Sabtu, 21 Maret 2020 07:59 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus Corona (Covid 19) sudah menyebar ke banyak provinsi di negeri ini. Memprihatinkan, sekaligus mengerikan. bahkan di Jakarta, virus ini telah berjangkit di hampir semua wilayah kecamatan. Jumlah pasien positif Corona melonjak. Orang yang meninggal akibat virus tersebut naik drastis.

Sudah saatnya semua komponen bangsa bersatu melawan Corona. Mari kita wujudkan solidaritas nasional. Kita juga berharap, pemerintah selalu berada di garis depan dalam perang melawan wabah ini.

Anggaran mesti difokuskan untuk mengatasi Corona. DPR tak boleh sedikit pun menghambat perubahan alokasi anggaran ke sektor kesehatan, bantuan sosial untuk rakyat kecil dan mereka yang bekerja di sektor informal.

Baca juga : Darurat Corona

Sebagian kantor pemerintah dan BUMN sudah menerapkan pola kerja dari rumah. Hanya beberapa orang yang datang ke kantor. Tapi karyawan swasta, umumnya masih bekerja seperti biasa.

Belum ada solusi. Persoalan ini perlu diatasi segera. Apakah pemerintah akan memberikan insentif atau subsidi bagi perusahaan yang mengurangi kegiatan operasionalnya, ini mesti secepatnya diputuskan.

Mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah, kerja dari rumah dan belajar di rumah, sangat efektif memotong mata rantai penularan virus Corona.

Baca juga : Corona Bisa Picu Resesi

Tetapi persoalannya bagi buruh harian dan mereka yang bekerja di sektor informal, siapa yang akan mengganti pendapatan mereka kalau harus tinggal di rumah. Ini yang mesti dipikirkan dan dihitung oleh Menteri Keuangan dan Menteri Sosial.

Begitu pula soal sembako dan gas untuk rakyat, harus selalu tersedia. Ini tugas Bulog dan Pertamina. Lupakan dulu sisi komersial, dua tiga bulan depan. BUMN wajib jadi pioner tindakan penyelamatan nyawa warga negara.

Sumbangan BUMN untuk pengadaan alat tes (test kit) Corona juga harus konkret dalam jumlah besar. Begitu pula untuk pengadaan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan, mesti dilakukan dalam jumlah signifikan.

Baca juga : Kena Corona, Bisnis Merana

Sekali lagi, untuk sementara lupakan dulu sisi komersial. Ini terutama untuk BUMN besar, seperti Pertamina, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Pupuk Indonesia. Kita juga berharap para konglomerat terketuk hatinya untuk membantu mengatasi wabah ini.

Sudah saatnya mereka ikut serta menyediakan sembako murah bagi pekerja sektor informal. Negara ini bisa selamat dari serang an virus Corona, kalau semua komponen bangsa bersatu menggalang solidaritas. Ayo bersama-sama selamatkan rakyat dari serangan virus ganas ini.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.