Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liga Champions

Salah Puasa, Liverpool Juara

Minggu, 2 Juni 2019 06:11 WIB
Mohamed Salah tetap puasa. (Foto : twitter@LFC)
Mohamed Salah tetap puasa. (Foto : twitter@LFC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Liverpool akhirnya juara Liga Champions 2018/2019. Mohamed Salah berhasil mencetak satu gol. Saat main, Salah tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

Mohamed Salah, satu dari empat pemain Liverpool yang beragama Islam. Selain Salah, ada Sadio Mane, Xherdan Shaqiri, dan Naby Keita. Saat main Salah tetap berpuasa. 

Musim lalu, saat Liverpool berhadapan dengan Real Madrid kebetulan juga pas bulan Ramadhan. Saat turun ke lapangan, Salah sengaja tidak puasa untuk menjaga stamina. Sayang, Liverpool kalah. Kini Salah puasa. Mencetak gol dan Liverpool juara.

Baca juga : Hore, Juergen Klopp Lepas Dari Kutukan

Ketaatan Salah tetap berpuasa juga didukung oleh pelatih Juergen Klopp "Saya tak merasa khawatir ibadah puasa bakal mengganggu performa para pemain itu. Tak masalah sama sekali dengan para pemain yang menjalankan puasa karena saya menghormati agama mereka. Terlebih, mereka selalu tampil luar biasa bagus saat berpuasa ataupun tidak,” kata pelatih berusia 51 tahun itu dilansir Mirror sebelum bertanding.

Klopp melanjutkan, sepak bola bukanlah hal terpenting di dunia. Dia yakin agama yang di- anut para pemainnya menjadi hal terpenting dalam kehidupan. “Ada banyak hal yang lebih penting dari sepak bola. Salah satunya keyakinan,” ujar pelatih Liverpool yang pernah menakhodai Borussia Dortmund itu.

Beberapa pemain muslim yang tampil di laga final Liga Champions musim ini juga mendapatkan saran dari ulama Inggris, Ajmal Masroor agar tetap menjalankan ibadah puasa. “Dalam Ramadan, hanya ada pengecualian kepada Anda yang sakit atau bepergian. Anda dapat menggantinya di hari-hari tertentu,” katanya, dikutip dari Goal.

Baca juga : Kapten Spurs : Soliditas Kunci Kalahkan Liverpool

“Jika seorang pemain sepak bola mengatakan kepada saya seperti ini: ‘Saya tidak dapat memenuhi kewajiban profesional saya jika berpuasa.’ Tentunya, saya tidak dapat menganggap ini sebagai alasan yang dapat diterima,” tambahnya.

Salah memutuskan menunda puasa ketika Liverpool mencapai laga puncak Liga Champions musim lalu. Kebetulan laga itu juga berlangsung saat ramadan. “Dia tidak puasa pada H-1 dan hari pertandingan, maka kebugarannya terjaga,” kata fisioterapis Liverpool, Ruben Pons, dilansir Mirror.

Sayang, The Reds tetap gagal mengalahkan Real Madrid. Salah justru terkena cedera bahu dan Liverpool menyerah 1-3. Salah bisa puasa ketika Liverpool menghadapi Barcelona pada leg kedua semifinal, Selasa (7/5).

Baca juga : Edan, Pemain Spurs Latihan Injak Bara Panas

Sebab, dia absen akibat cedera. Namun tidak dengan Mane tetap puasa dan baru berbuka pada jeda pertandingan. Para pemain beragama Islam ini memiliki dilema untuk tetap menjalankan ibadah puasa atau tidak di bulan ramadan. Lantaran pertandingan final diprediksi bakal berjalan ketat. Pemain-pemain islam dari ku- bu Tottenham Hotspur yang bakal berlaga di final Liga Champions 2018/19 ialah Moussa Sissoko dan Serge Aurier. [BRT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.