Dark/Light Mode

Wujudkan Sport Tourism

Kadin Bogor Gelar Lomba Basket Di Balai Kota

Sabtu, 11 Desember 2021 20:13 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (kedua kiri) bersama pengurus Kadin Kota Bogor membuka turnamen Basket di Balai Kota Bogor, Sabtu (11/12). (Foto: Yudha Prananda)
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (kedua kiri) bersama pengurus Kadin Kota Bogor membuka turnamen Basket di Balai Kota Bogor, Sabtu (11/12). (Foto: Yudha Prananda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertama kalinya di Indonesia kompetisi bola basket tingkat Nasional, digelar di gedung pemerintahan. Tepatnya di Balai Kota Bogor, Sabtu (11/12) Pagi.

Kompetisi yang bertajuk 3x3 Basketball Kadin Kota Bogor, menggelar lima kategori kompetisi, under 14 boy, under 14 girl, open women, open men dan elite. Selain itu dihadirkan guest star 'Pebasket Sombong' Denny Sumargo dan pebasket profesional lainnya Wijin. Serta tak ketinggalan rapper Tuan 13.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyebut, kegiatan tersebut menjadikan dorongan untuk Pemkot Bogor mewujudkan Kota Bogor menuju Sport Tourism. "Memang, Kota Bogor tidak seluas Kabupaten Bogor, tetapi tidak kekurangan atlet handal, tempat menarik dan exotic untuk venue olah raga ataupun wisatawan," bangganya.

Baca juga : Sigit Makin Legit

Tak hanya itu, menurutnya, kompetisi tersebut merupakan bagian sejarah Balai Kota Bogor yang disulap untuk kepentingan kompetisi basket. Biasanya dipakai untuk kegiatan formal. Seperti pelantikan, inagurasi dan pelantikan wali kota. 

"Saya tantang Ketua Kadin Kota Bogor saat itu, bisa tidak pakai tenda di Balai Kota ini, bisa tidak lambang Balai Kota harus terlihat dan bisa tidak harus lebih meriah dari pelantikan yang pernah ada. Itu saya tantang Almer. Ternyata memang betul-betul bisa. Untuk warga Kota Bogor olah raga tidak boleh berhenti, turnamen,festival jalan terus dengan catatan Protokol Kesehatan (Prokes). Saya titip Prokes tetap dijaga," jelas Bima.

Politisi PAN itu juga meminta, kegiatan tersebut digelar secara rutin. Bahkan bisa digelar tiap bulan dengan memanfaatkan tempat lainya di Kota Bogor. "Ini bukan hanya menghibur, tapi bisa mengorbitkan atlet-atlet handal Kota Bogor. Ada tempat latihan bagus. Nanti sore saya akan menantang Pebasket Sombong Denny Sumargo di tempat ini," tandasnya.

Baca juga : Google For Education Bersama Kelas Juara Roadshow Di Tiga Kota

Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi menerangkan, terselenggaranya kompetisi tersebut memang selaras dengan motivasi dan semangat kepala daerah yang mendorong sport tourism. Sehingga, pihaknya berinisiatif mengambil langkah gebrakan dengan memilih olahraga basket.

Menurut dia, basket merupakan salah satu olahraga yang digandrungi usia dini sampai dewasa. Dari Kota Bogor banyak putra-putri daerah yang sukses berkiprah dikancah nasional.

"Semisal Andika Ramadhani (Rama) eks pemain Klub IBL Stapac dan kini jadi pelatih tim DKI Jakarta untuk PON Papua lalu. Mudah-mudahan nanti menjadi pelatih Jawa Barat. Selain itu saat ini Kota Bogor mempunyai venue basket bertaraf internasional, yakni The Bucketlist," ungkapnya.

Baca juga : Garuda Berlinang Air Mata

Almer menambahkan, bergeliatnya sport tourism Kota Bogor ini juga salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian pasca pandemi Covid-19. "Kadin Kota Bogor Sinergi Inovasi," tegasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Irawadi Hanafi membenarkan hal itu. Pada transisi pemulihan ekonomi di masa pandemi sekarang, sambung dia, setiap daerah mesti mengembangkan sport industri dan sport tourism. Sport tourism berkembang pesat, wisata dikombinasikan dengan olahraga. 

"Sport tourism ini pertumbuhan paling cepat, karena banyak wisatawan yang tertarik kepada kegiatan olah raga. Pertumbuhan sport tourism akan bertumbuh sebesar Rp 18,8 triliun sampai 2024. Dengan kearifan lokal bisa mengembangkan ekonomi. Saya harap ini bisa berkesinambungan dilakukan oleh Kadin Kota Bogor," tukasnya. [YP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.