Dark/Light Mode

Kemenpora-NOC Optimistis Sanksi WADA Dicabut Sebelum SEA Games Vietnam

Senin, 13 Desember 2021 21:03 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan kabar terbaru perkembangan Tim Kerja Percepatan penyelesaian sanksi WADA yang dipimpin Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.   

“Saya dapat informasi perkembangan ke arah positif bahkan benar-benar terjadi percepatan upaya-upaya dari tim LADI dan unsur pemerintah terhadap pemenuhan complain sebagaimana yang dipersyaratkan WADA kepada LADI,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers secara daring, Senin (13/12/2021).

Menpora Amali menyebut upaya dari Indonesia untuk mencabut sanksi itu lebih baik dari negara lainnya yang juga terkena sanksi.

Baca juga : Kemenpora Gelar Lomba Edukasi Museum Olahraga Nasional

Ia pun berharap agar sanksi ini bisa cepat dicabut oleh WADA sehingga Indonesia bisa mengibarkan bendera merah putih saat menjuarai ajang internasional.

“Minggu lalu tim sudah berbicara dengan WADA, kemudian dengan instansi terkait lainnya dan tadi pagi kami rapat internal saya dapat informasi bawah progres sangat bagus dan cepat,” kata Menpora.

“Bila dibandingkan dengan negara lain yang diberi sanksi kepada NADO mereka dengan sanksi yang sama, Indonesia dianggap lebih cepat. Semoga ini cepat diselesaikan,” harap Menpora.

Baca juga : Kemenpora Lunasi Utang LADI Ke Laboratorium Qatar

Plt Seskemenpora Joni Madrizal menambahkan, Kemenpora sudah berkirim surat ke WADA yang ditujukkan kepada Olivier Niggli, Direktur Jenderal WADA pada 6 Desember 2021.

"Intinya menjelaskan bahwa Kemenpora siap berkolaborasi bersama NOC Indonesia akan mensupport LADI yang terus berproses memenuhi apa yang menjadi permintaan WADA," kata Joni Madrizal. 

Sementara Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta OktohariIndonesia sudah bisa keluar dari sanksi WADA pada awal 2022. Targetnya adalah pada SEA Games tahun depan di Vietnam, Merah Putih sudah bisa kembali berkibar.

Baca juga : NOC Indonesia Optimistis Merah Putih Berkibar Di SEA Games 2022

"Sekarang bolanya ada di WADA karena semua yang diminta kepada kami sudah dilaporkan. Terpotong Natal dan Tahun Baru, harapannya akan segera ada kabar baik pada event-event tahun depan," ucap Raja Sapta Oktohari.

"Kita bisa bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih. Kalau SEA Games pada Mei, Insyaallah bendera Indonesia bisa berkibar lagi," ujar Raja Sapta Oktohari. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.