Dark/Light Mode

UEFA Nations League

Tekuk Inggris, Belanda Hadapi Portugal di Final

Jumat, 7 Juni 2019 05:17 WIB
Selebrasi pemain Belanda usai menyingkirkan Inggris di semifinal UEFA Nations League, di Portugal, Jumat (7/6)  . (Foto : twitter@Nationsleague)
Selebrasi pemain Belanda usai menyingkirkan Inggris di semifinal UEFA Nations League, di Portugal, Jumat (7/6) . (Foto : twitter@Nationsleague)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belanda melangkah ke final UEFA Nations League. Virgil van Dijk dkk memastikan ke final seusai menyingkirkan Inggris dengan skor 3-1, Jumat (7/6) dini hari WIB. Portugal menunggu di laga puncak.

Kemenangan Belanda atas Inggris di Stadion D. Alfonso Henriques itu harus ditentukan lewat masa perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Penalti Marcus Rashford pada menit ke-32 membawa Timnas Inggris unggul terlebih dahulu. Gol Matthijs de Ligt (73') memaksa laga Belanda vs Inggris berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Baca juga : Inggris Vs Belanda : Kane Dicoret, Sterling Masuk

Pada masa perpanjangan waktu, Timnas Belanda memastikan lolos seusai Kyle Walker mencetak gol bunuh diri (97') dan tembakan Quincy Promes (114').

Belanda memang tampil lebih dominan sepanjang laga dengan menguasai lebih dari 55 persen pengendalian bola, namun Inggris justru lebih dulu unggul lewat eksekusi penalti Rashford pada menit ke-32.

Saat skor 1-1, Jesse Lingard, yang masuk menggantikan Jadon Sancho pada menit ke-61, sempat menaklukkan kiper Jasper Cillessen dan menyarangkan bola ke gawang Belanda -pada menit ke-83, namun gol itu dianulir karena offside setelah wasit berkonsultasi dengan teknologi VAR.

Baca juga : Ronaldo Hattrick, Portugal Masuk Final

Drama kembali berlanjut ketika wasit Clement Turpin meninjau VAR untuk memastikan bahwa Ben Chilwell tak melakukan handball di dalam kotak penalti pada menit ke-87. Pada menit kelima masa injury time, Depay memperoleh peluang untuk memastikan kemenangan Belanda ketika menerima umpan tarik dari Quincy Promes, namun ia membuang kesempatan emas tersebut lantaran terpeleset ketika berusaha melakukan penyelesaian.

Kedudukan 1-1 hingga waktu normal usai dan laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2x15 menit. Belanda kembali mengambil kendali sejak awal babak pertama tambahan waktu namun sundulan Virgil van Dijk disapu Harry Kane tepat di garis gawang dan tendangan bebas Depay berhasil diselamatkan kiper Jordan Pickford.

Ironisnya, justru Walker yang menyarangkan bola ke gawang Pickford pada menit ke-97 ketika ia berada dalam posisi tertekan untuk menyapu bola liar hasil penyelamatan atas tembakan Depay. Namun tendangannya mengenai kakinya sendiri dan memantul sebelum mengecoh Pickford dan bergulir ke dalam gawang Inggris memberikan keunggulan 2-1 bagi Belanda.

Baca juga : Terus Bertambah, 2 Petugas Pemilu di NTT Meninggal

Dalam keadaan tersebut Inggris malah kesulitan keluar dari tekanan dan Belanda malah berhasil menambah marjin kemenangan mereka menjadi 3-1 ketika Promes melepaskan tembakan keras pada menit ke-114. Gol itu berawal dari kesalahan umpan lemah Harry Maguire untuk Ross Barkley yang direbut mudah oleh Depay dan diteruskan kepada Promes yang menyelesaikannya dengan tanpa cela. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.