Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Piala AFF 2020

Duh, Skuad Garuda Dihajar Thailand 0-4

Rabu, 29 Desember 2021 21:40 WIB
Gelandang timnas Ricky Kambuaya saat lawan timnas Thailand. (Foto : Ist)
Gelandang timnas Ricky Kambuaya saat lawan timnas Thailand. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia tampil loyo menghadapi timnas Thailand di leg 1 final Piala AFF 2020. Skuad Garuda takluk 0-4 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12) malam WIB.

Di laga ini, Shin Tae-yong sejatinya menurunkan line up terbaiknya Untuk posisi kiper, Nadeo Argawinata masih mejadi kepercayaan Shin Tae-yong.

Tugas Nadeo akan dibantu oleh barisan pertahanan yang diperkuat Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Fachrudin Aryanto, dan Edo Febriansyah.

Perlu diketahui, Pratama Arhan, yang biasanya main di posisi bek kiri, absen karena akumulasi kartu kuning. 

Sementara itu, di depan mereka, ada Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya yang akan memperkuat lini tengah.

Baca juga : Gus Muhaimin Ramal Skor 3-2 Untuk Kemenangan Indonesia Atas Thailand

Lalu, ujung tombak dalam pertandingan ini adalah Dedik Setiawan yang punya kecepatan untuk menembus pertahanan Thailand.

Thailand sendiri langsung tampil agresif dalam laga ini.  Alhasil, baru berjalan dua menit, mereka sudah mampu unggul.

Gol dicetak oleh Chanatip Songkrasin, Tendangan kerasnya tak mampu dihalau oleh kiper Indonesia, Nadeo Argawinata. Dia mampu meneruskan umpan dari Philip Roller.

Indonesia memang terlihat terkejut dengan serangan Thailand. Sebelumya, Thailand juga mendapat peluang berbahaya lewat Supachok Sarachat. 

Sepanjang pertandingan babak pertama lini belakang sering mendapat tekanan dari lawan. Bahkan 15 menit lebih mereka terus mengurung pertahanan Indonesia. Praktis Asnawi dkk hanya mampu melakukan serangan balik.

Baca juga : Undian Kelar, Garuda Muda Satu Grup Dengan Malaysia, Myanmar Dan Laos

Memasuki menit 23, Indonesia melakukan serangan balik cepat. Namun, Irfan Jaya justru melanggar pemain Thailand, Chanatip Songkrasin saat perebutan bola.

Indonesia masih sulit keluar dari tekanan Thailand, Di menit 29, tendangan Bordin Phala mampu dihalau Nadeo dan menghasilkan sepak pojok.

Peluang besar Indonesia tercipta pada menit ke 40 ketika dalam suatu serangan balik Dewangga terbuka lebar berhadapan dengan kiper Thailand tapi sayang tendangannya ke atas.Hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-0 untuk Thailand

Thailand kembali menjebol gawang Indonesia di menit 52. Lag-lagi lewat  skema serangan balik. Chanatip kembali  membobol gawang Indonesia. Dia lepas dari kawalan setelah menerima umpan dari Supachok Sarachat.

Indonesia bukan tanpa peluang,  Irfan Jaya membuang peluang emas di menit 61. Tendangannya dari depan gawang masih bisa dihalau kiper Thailand, Siwarak Tengsudnoen.

Baca juga : Piala Asia Wanita 2022, Garuda Putri Terus Digembleng

Gawang Indonesia kembali bobol di menit 67. Gol tersebut dipersembahkan oleh  Supachok Sarachat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Rapuhnya pertahanan Indonesia dimanfaatkan Thailand di menit 83. Bordin Phala mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 4-0 untuk kemenangan Thailand bertahan hingga laga usai.  Atas hasil ini membuat misi Indonesia melepaskan  kutukan runner up semakin sulit. Mudah-mudahan ada keajaiban yang bisa merubah keadaan. [WUR]

Susunan Pemain 

Indonesia: Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, Moh Edo Febriansyah, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Dedik Setiawan.

 Thailand: Siwarak Tedsungnoen, Yusef Elias Dolah, Philip Roller, Tristan Do, Supachok Sarachat, Bordin Phala, Phitiwat Sukjitthammakul, Chanatip Songkrasin, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun, Teerasil Dangda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.