Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Asia Wanita 2022, Garuda Putri Terus Digembleng

Rabu, 29 Desember 2021 11:26 WIB
Timnas Wanita terus mempersiapkan diri menuju Piala Asia Wanita 2022. (Foto : PSSI)
Timnas Wanita terus mempersiapkan diri menuju Piala Asia Wanita 2022. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Wanita terus mempersiapkan diri menuju Piala Asia Wanita 2022 yang akan berlangsung di India pada Januari 2022 nanti. Menguji kemampuan, Garuda Pertiwi menjalani laga uji coba lawan skuad putri Arema FC.

Timnas putri sedang menjalani pemusatan latihan (TC) yang diikuti oleh 32 pemain.  Semula dijadwalkan berakhir pada 30 Desember 2021 ini, TC akan dilanjutkan hingga bulan Januari 2022 hingga tim bertolak ke India.

Skuad Garuda Pertiwi tergabung di Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina. Rani Mulya Sari dan kawan-kawan akan melakoni laga perdana kontra Australia di laga fase grup B pada 21 Januari 2022 mendatang.

Berita Terkait : Soal Literasi Kebencanaan, Ulama Punya Peran Penting

Sejauh ini hasilnya mulai terlihat menunjukkan perkembangan saat Timnas Wanita Indonesia menjalani laga uji coba kontra tim putri Arema FC di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Selasa (28/12). Berlangsung selama dua kali yakni pada pagi dan sore hari, skuat Garuda Pertiwi menang dengan skor 3-0 dan 1-0.

Pada laga yang berlangsung di pagi hari, tiga gol bersarang ke gawang Arema FC, yakni dua gol dicetak Carla Bio Pattinasarany dan satu gol oleh Rani Mulya Sari hingga membawa timnas wanita menang 3-0.

Sementara pada laga sore hari, skuat asuhan Rudy Eka Priyambada ini membukukan satu gol yakni gol semata wayang yang dicetak oleh Carla Bio Pattinasarany hingga menutup pertandingan 1-0.

Berita Terkait : STY Yakin Skuad Garuda Mampu Sikat Thailand

"Dari uji coba yang dilaksanakan , masih banyak hal yang perlu diperbaiki terutama dari transisi bertahan ke menyerang begitu pula sebaliknya. Tadi banyak peluang-peluang yang seharusnya bisa dimaksimalkan menjadi gol namun belum membuahkan hasil. Masih banyak yang perlu dievaluasi dari peforma tim secara umum” ujar Rudy Eka.

Meski menang dalam dua kali uji coba, Rudy menilai masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibenahi, hingga nanti para pemain mencapai peforma terbaik mereka saat kompetisi berlangsung nanti.

Hal ini perlu dimaksimalkan mengingat lawan tangguh yang akan dihadapi pada kompetisi Piala Wanita Asia 2022 yang akan berlangsung kurang lebih dua pekan mendatang.

Berita Terkait : Bruno Cantanhede Siap Gabung Bersama Persib

“Kemenangan di laga uji coba harus menjadi motivasi untuk terus berbenah. Meski secara finishing belum maksimal, namun dari segi fisik sudah ada peningkatan yang signifikan. Jadi tinggal kerjasama tim yang perlu ditingkatkan, mulai dari jumlah passing hingga bagaimana mereka keluar dari tekanan lawan” ungkap Rudy.

Sementara bagi pemain Carla Bio Pattinasarany progres permainan bersama tim di dua kali uji coba kontra Arema FC ini sudah semakin meningkat. Tinggal bagaimana mematangkan strategi sesuai dengan instruksi pelatih.

Alhamdulilah pertandingan hari ini mendapat hasil positif dan menurut saya kerja sama tim sudah meningkat, dimana kita sudah mulai mengerti satu sama lain ketika di lapangan. Tinggal bagaimana kita menjaga kondisi dan mematangkan strategi untuk ke depannya” tutup Carla. [IPL]