Dark/Light Mode

Piala AFF 2020

Skuad Garuda Sabet Tim Fair Play, Pratama Pemain Muda Terbaik

Minggu, 2 Januari 2022 08:47 WIB
Bek timnas Pratama Arhan. (Foto : PSSI)
Bek timnas Pratama Arhan. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia meraih peghargaan sebagai tim paling fair play di ajang Piala AFF 2020. Bek Pratama Arhan juga didapuk sebagai pemain muda terbaik.

Meski gagal juara dikalahkan timnas Thailand dengan agregate 6-2, AFF menganugerahi Tim Garuda sebagai tim paling fair play pada gelaran dua tahun sekali tersebut.

Permainan Indonesia dianggap paling bersih sepanjang perhelatan Piala AFF 2020. Indonesia dinilai main apik karena tercatat tak mengantongi satu kartu merah pun sepanjang turnamen di Singapura ini berjalan.

Baca juga : Gol Ricky Kambuaya Buka Keunggulan Garuda Atas Thailand

Penghargaan ini pun seakan menjadi pelipur lara, setelah akhirnya harus gagal merebut kemenangan.

Indonesia yang finis di posisi kedua membawa pulang hadiah 100 ribu dollar Amerika Serikat atau setara Rp1,4 miliar. Sementara Thailand sang kampiun mendapat 300 ribu dollar Amerika atau Rp4,2 miliar.

Sementara itu, Pratama Arhan, terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Pesepakbola 20 tahun itu berhak memenangkan GOAL NXGN Award untuk Pemain Muda terbaik.

Baca juga : Garuda Tumbang: Fakta! Bonus 12 Miliar: Hoaks!

Untuk menjadi pemain muda terbaik, Pratama Arhan harus mengalahkan dua rekannya yang masuk nominasi, yakni Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga. Pratama Arhan mendapat penilaian tertinggi dengan 60.122 suara.

Pratama Arhan sendiri menyabet status sebagai pemain muda terbaik di Piala AFF 2020. Penggawa skuad Garuda itu mampu mengalahkan para pesaing beratnya seperti Sieng Chanthe dari Kamboja, lalu Thanawat Suengchittahawon dari Thailand, Paulo Gali dari Timor Leste, dan dua lagi dari Timnas Indonesia, yakni Witan Sulaeman dan Alfeandra DewanggaPratama Arhan memang tampil ciamik di Piala AFF 2020.

Ia beberapa kali menjadi penyelamat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Baca juga : Duh, Skuad Garuda Dihajar Thailand 0-4

Tentu yang paling menjadi perhatian, Pratama Arhan menjadi penyelamat Timnas Indonesia ketika menghadapi Singapura di leg II semifinal Piala AFF 2020. Saat Timnas Indonesia tertinggal 1-2, Pratama Arhan mencetak gol di menit 87, sekaligus memaksa skor berubah menjadi 2-2. [IPL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.