Dark/Light Mode

Liga 1 Indonesia

Samsul Arif Hattrick, Persebaya Amankan Tiga Poin

Senin, 10 Januari 2022 20:05 WIB
Samsul Arif merayakan gol pertama yang dicetak ke gawang Persikabo 1973. (Foto : Persebaya)
Samsul Arif merayakan gol pertama yang dicetak ke gawang Persikabo 1973. (Foto : Persebaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persebaya berhasil melanjutkan tren positif di BRI Liga 1 musim 2021/2022. Setelah mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 2-3.

Samsul Arif tampil sebagai pahlawan dengan mencetak tiga gol.

Di laga ini, Persebaya sempat tertekan di menit-menit awal. Pertahanan yang digalang Arif Satria dkk beberapa diuji oleh Ciro Alves dan Aleksander Rakic. Sedikitnya lima tendangan berhasil dilepaskan oleh Persikabo 1973 di paruh pertama.

Baca juga : Jelang Lawan PSIS Semarang, Pelatih Persiraja Racik Pola Anyar

Gol pertama hadir di menit ke-19. Berawal dari skema serangan balik, Marselino mengirim umpan cut back ke kotak penalti. Samsul Arif yang berdiri bebas berhasil menjebol gawang yang dijaga Dicky Indrayana. 1-0 Persebaya unggul.

Persikabo merespon dengan melakukan serangan sporadis. Bajol Ijo tak kalah cerdik dengan memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengandalkan serangan balik.

Hasilnya Samsul Arif berhasil mencetak brace. Dimulai dari pergerakan Bruno yang melakukan solo run dan berhasil melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Bola muntah hasil tepisan mampu diselesaikan oleh Samsul yang kembali berdiri bebas tanpa pengawalan. Dua gol Persebaya menjauh.

Baca juga : Cederanya Membaik, Ismed Sofyan Nggak Sabar Merumput

Keunggulan Persebaya ternoda dengan gol di penghujung babak pertama. Aksi individu Ciro Alves berhasil mengelabui pertahanan Persebaya. Skor 1-2 untuk keunggulan Persebaya menutup babak pertama. 

Unggul 1-2 di babak pertama tidak membuat serangan anak asuh Aji Santoso mengendur. Belum genap satu menit babak kedua berjalan, Persebaya sudah berhasil menambah pundi-pundi gol.

Samsul Arif memanfaatkan kesalahan bek lawan, Shumeiko. Back pass yang diarahkan ke gawang sendiri dapat dipotong Samsul. One on one dengan kiper mempermudah striker 36 tahun itu mencetak gol ketiganya. 1-3 Persebaya menjauh.

Baca juga : Risto Ngedumel Pesut Etam Cuma Dapat 1 Poin

Namun hanya berselang tujuh menit berikutnya, Persikabo berhasil memperkecil kedudukan dengan 2-3. Tendangan Aleksander Rakic dari dalam kotak penalti gagal dibendung pertahanan Persebaya.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-3 tidak berubah. Persebaya berhasil menambah tiga poin. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.