Dark/Light Mode

Menpora Apresiasi UPI Bikin Fakultas Kedokteran Olahraga Dukung DBON

Kamis, 27 Januari 2022 14:32 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Rektor UPI Solehuddin. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali dan Rektor UPI Solehuddin. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali mengapresiasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang membuat Fakultas Kedokteran Olahraga. Harapannya UPI bisa membantu mencetak atlet nasional yang mengacu pada DBON (Desain Besar Olahraga Nasional).

"Kita apresiasi dan menyambut baik niatnya membuat Fakultas Keolahragaan dengan bidang kedokteran olahraga untuk mendukung implementasi DBON," kata Zainudin Amali saat menerima kedatangan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Solehuddin di ruang kerjanya lantai 10, kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/1) pagi. 

"Jawa Barat masuk dalam pilihan sentra untuk pembinaan prestasi terutama untuk usia dini," tambah Menpora Amali. 

Baca juga : Jokowi Apresiasi Capaian Cakupan Vaksinasi Di Riau

Menurut Menpora Amali, sentra-sentra pembinaaan atlet usia dini tersebut akan mulai melakukan rekruitmen atlet pada bulan Februari 2022. 

Menpora Amali juga memberikan pesan khusus kepada rektor UPI agar membuat jurusan manajemen olahraga yang lulusannya diharapkan bisa menjadi pengelola cabang olahraga.

Sebab, menurutnya cabang olahraga selama ini kerap memiliki masalah dalam pengelolaan karena pengelolanya tidak mengerti manajemen olahraga. 

Baca juga : Menpora-KOI Bahas Rencana Kegiatan Tahun 2022

Selain itu, Menpora Amali juga mendorong agar para lulusan di Fakultas Keolahragaan UPI tidak hanya memiliki ijazah saja, tapi diberi sertifikat untuk menjadi pelatih sesuai bidang keahliannya. 

"Jadi kita kekurangan di tenaga-tenaga kepelatihan, anak-anak kita yang kuliah empat tahun kalah dengan yang dua minggu ikut kursus pelatihan. Mungkin setelah lulus mereka bisa mendapatkan sertifikat pelatih sesuai bidang. Jadi selain ijazah ada sertifikat," harapnya. 

Sementara itu, Rektor UPI Solehuddin mengatakan keberadaan Fakultas Keolahragaan dengan bidang sport medicine dibangun dalam rangka unruk mendukung kesuksesan rencana besar pemerintah yakni implementasi DBON. 

Baca juga : Perbakin Apresiasi Kinerja Dalam Memajukan Atlet Olahraga Di Tanah Air

"Sehingga dengan fakultas yang kita bangun ini  mudah-mudahan kita bisa mendukung pemerintah dalam mensukseskan program dan kebijakan DBON ini dalam rangka mendukung prestasi olaharaga nasional. Disamping dlama rangka mendukung kesehatan masyarakat," jelasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.