Dewan Pers

Dark/Light Mode

Airlangga Happy Cabor Wushu Dipersiapkan Buat Olimpiade

Jumat, 28 Januari 2022 17:06 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Airlangga Hartarto  dan Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Airlangga Hartarto dan Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Airlangga Hartarto bersyukur Cabor Wushu masuk sebagai salah satu olahraga yang akan dipersiapkan untuk Olimpiade.

"Kami sangat bahagia karena Pak Menpora memasukan Wushu sebagai salah satu cabor yang dipersiapkan untuk Olimpiade. Tanpa dukungan dan kerja sama semua stakeholder dan pencipta olahraga tentunya akan sulit," ucap Airlangga saat memberikan sambutan Musyawarah Nasional (Munas) Wushu Indonesia Ke-VII Tahun 2022, Jumat (28/1) di Ballroom JS Luwansa Hotel.

Ketum Golkar ini mengatakan, pembinaan empat tahun ini adalah keberhasilan bersama baik pengurus pusat, pengurus provinsi, pengurus kota dan yang terlebih khusus adalah sasana-sasana yang merupakan grass root kegiatan-kegiatan kita. 

Berita Terkait : Airlangga Minta Kader Golkar Tahu Keinginan Rakyat

"Tidak terasa sudah 4 tahun sejak saya Dipilih menjadi Ketua Umum PB Wushu, banyak suka duka dalam menjalankan roda organisasi dan dalam melakukan pembinaan wushu. Apalagi 2 tahun terakhir kita mengalami pandemi covid-19. Namun kegiatan pertandingan kompetisi wushu tetap diselenggarakan secara virtual," ucapnya.

Menurutnya, Wushu Indonesia tidak hanya berprestasi di dalam negeri, namun juga  berprestasi di internasional dan juga bersaing dengan negara-negara lain."Kita bangga tapi tidak berpuas diri dengan prestasi yang telah dicapai seperti tradisi emas tiap single event, kejuaraan Asia dan dunia. Tradisi emas di setiap multi event, terutama SEA Games dan yang kita banggakan adalah prestasi emas yang diraih dalam Asian Games," ucapnya.

Namun tentu, lanjutnya, di tahun 2022 ini menjadi tantangan karena SEA Games dan Asian Games ini back to back di tahun 2022 sehingga Indonesia harus mempertahankan kemampuan.

Berita Terkait : Jelang Lawan Timor Leste, Ini Persiapan Skuad Garuda

Lebih lanjut ia mengatakan sederet prestasi telah diraih baik nasional maupun internasional, namun semua tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan dari sasana ataupun klub.

Pemkab, Pemkot, para Pengurus Propinsi dan Pengurus Besar Wushu didukung oleh stakeholder olahraga seperti KONI Pusat, KONI Daerah, Dispora, Komite Olahraga Indonesia dan tentunya yang utama adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Semua program terbaik tentunya dijalankan dan untuk mencapai prestasi ini adalah yang diinginkan tidak hanya oleh PB Wushu tetapi juga oleh masyarakat Indonesia.  Dan yang lebih membanggakan Indonesia Raya selalu nyanyikan saat atlet wushu kita bertanding," jelasnya. [IPL]