Dark/Light Mode

Usai Bantai Timor Leste, Menpora Yakin Masa Depan Timnas U-23

Senin, 31 Januari 2022 07:42 WIB
Para pemain timnas U-23 usai menang lawan Timor Leste. (Foto : Kemenpora)
Para pemain timnas U-23 usai menang lawan Timor Leste. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali menilai timnas U-23 asuhan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong punya masa depan di kancah Asia Tenggara.

Penilaian itu berdasarkan hasil positif yang diraih Timnas usai menaklukan Tomor Leste 4-1 (leg1), dan 3-0 di leg 2 pada laga persahabatan FIFA Match Day.

"Kita punya harapan terhadap anak-anak kita, walaupun meski masih harus digenjot lagi. Anak-anak yang usianya masih muda ini masih ada peluang untuk diturunkan di 2023 nanti," kata Menpora Amali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1) malam.

Baca juga : Skuad Garuda Hajar Timor Leste 4-1, Ini Komentar Menpora

Menpora Amali juga menilai semakin banyak kompetisi dan uji tanding yang dilakoni akan membuat timnas semakin matang dan terasah.

"Semakin banyak pertandingan yang diikuti mereka akan semakin terasah. Latihan sebanyak apapun tanpa kompetisi, tanpa uji tanding tidak akan bisa kita lihat hasilnya," ujarnya.

Pemerintah mendukung PSSI untuk berjalannya kompetisi karena ujungnya  kompetisi adalah menghasilkan timnas, tidak hanya sekedar bergulirnya kompetisi tapi kompetisi harus bertujuan menghasilkan timnas. "Timnas sudah ke arah yang lebih baik meski belum optimal," jelas Menpora Amali.

Baca juga : Jelang Lawan Timor Leste, Ini Persiapan Skuad Garuda

Hasil pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia vs Timor Leste di leg kedua berhasil dimenangkan timnas Indonesia 3-0. Di leg pertama Indonesia telah lebih dlu unggul 4-1 atas Timor Leste. Hasil ini membuat timnas Indonesia berada di peringkat 158 dunia.

Dari babak pertama dimulai timnas Indonesia telah menekan pertahanan Timor Leste. Hasilnya di menit keenam, Garuda Muda berhasil membobol pertahanan Timor Leste melalui tendangan Terens Owang Priska Puhiri. 

Tertinggal 0-1 Timor Leste mencoba mengejar ketertinggalan, tim asuhan Paulo Da Silva ini sempat membahayakan gawang Nadeo Winata di menit ke-18. Beruntung tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalti Rumakiek tak sempat ditepis penjaga gawang Timor Leste Junildo Manuel. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan timnas Indonesia hingga babak pertama berakhir.

Baca juga : Kunjungi Toraja Utara, Mentan Ajak Maksimalkan Lahan Pertanian

Dibabak kedua timnas Garuda berhasil menambah satu gol melalui Ricki Kambuaya dimenit ke-71. Hasil akhir 3-0 untuk timnas Garuda Muda tak terkejar Timor Leste. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.