Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sanksi WADA Dicabut

Hore, Merah Putih Bisa Berkibar Lagi

Sabtu, 5 Februari 2022 06:59 WIB
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (kiri) dan Menpora Zainudin Amali (kanan) saat mengibarkan Bendera Merah Putih. (Foto: Dok. NOC Indonesia)
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (kiri) dan Menpora Zainudin Amali (kanan) saat mengibarkan Bendera Merah Putih. (Foto: Dok. NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Anti Doping Dunia (WADA) resmi mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI), yang sebelumnya dinyatakan tidak patuh kepada pemberian sampel darah doping.

“Menyusul persetujuan Komite Eksekutif, Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah mencabut, dengan segera, Badan Anti Doping Nasional (NADO) Indonesia dan Thailand dari daftar anggota yang tidak patuh terha dap WADA Code,” demikian pernyataan resmi WADA, dalam laman resminya.

Baca juga : Usai Sanksi WADA Dicabut, LADI Resmi Berganti IADO

WADA menyatakan kedua negara telah memenuhi kewajiban. Oleh karena itu, WADA mencabut sanksi yang dijatuhkan.

Sebelumnya, WADA menjatuhkan sanksi kepada LADi pada 7 Oktober 2021 karena tidak patuh dalam pemberian sampel doping dengan tidak memenuhi ambang batas tes doping tahunan.

Baca juga : Sanksi WADA Resmi Dicabut, PSSI Senang Merah Putih Bisa Berkibar Lagi

Hukuman itu berlaku satu tahun. Akibat sanksi tersebut, Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah putih dalam kejuaraan single event dan multievent internasional seperti ketika tim bulutangkis putra tak bisa menyaksikan bendera nasional berkibar setelah berhasil meraih piala Thomas pada 17 Oktober 2021.

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari menyambut baik kabar tersebut. “Alhamdulillah sanksi WADA terhadap Indonesia telah dicabut. 2 Februari waktu Montreal atau 3 Februari WiB, kami menerima kabar langsung dari Direktur Jenderal WADA Olivier Niggli bahwa IADO sudah mendapat status compliance terhadap WADA Code dan kini Merah putih bisa berkibar lagi,” kata Okto.

Baca juga : Pelayanan Publik Bisa Terganggu

Menurutnya, kini, belenggu sanksi yang mendera Merah putih berhasil dilepaskan. itu berkat kerja cepat Gugus tugas percepatan Sanksi WADA yang dibentuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.