Dark/Light Mode

Didukung 34 Pengprov

Kembali Pimpin Percasi, Ini Harapan Utut Adianto

Sabtu, 26 Februari 2022 20:33 WIB
Pelantikan GM Utut Adianto (kiri) sebagai Ketua Percasi 2022-2026, di Hotel Century Park, Senayan, Jumat (25/2). (Foto: Wuryanto/Rakyat Merdeka)
Pelantikan GM Utut Adianto (kiri) sebagai Ketua Percasi 2022-2026, di Hotel Century Park, Senayan, Jumat (25/2). (Foto: Wuryanto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - GM Utut Adianto kembali terpilih sebagai Ketua Percasi Pada Munas Percasi XXIX yang digelar 25-28 Februari 2022 di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Jumat (25/2) malam.

Pemilihan, penetapan, dan pengesahan Utut Adianto sebagai Ketua Umum PB Percasi masa bakti 2022-2026 disetujui oleh 34 Pengprov Percasi yang hadir dalam Munas dengan Pimpinan Sidang, Rusdi Taher.

Dalam kesempatan itu juga disetujui pembentukan tim formatur untuk membentuk kabinet kepengurusan yang terdiri dari, Utut Adianto(Ketua Umum), Rusdi Taher(Dewan Pembina), Pandapotan Sinaga(Pengprov DKI Jaya), Ikshanudin(Aceh), dan Edwin(Maluku).

"Sangat bersyukur Munas bejalan mulus dan kekeluargaan tanpa ribut-ribut. Kami harap tradisi ini sampai generasi berikutnya,” ujar Utut Adianto usai Munas, Sabtu (26/2).

Baca juga : Dituduh Mengcovidkan Pasien, Ini Jawaban RSUD Cipayung

Usai terpilih Utut Adianto mengatakan tantangan ke depan sangat berat terutama menghadapi SEA Games Vietnam, Asian Games Hangzhou, serta Olimpiade Catur, dan November akan ada Kejurnas Catur.

Dalam pidatonya GM Utut Adianto  berencana akan membangun  gedung sekretariat Percasi yang dilengkapi tempat latihan. Gedung itu memiliki fasilitas lengkap seperti halnya bulutangkis di Cipayung. 

"Gedung itu nantinya akan saya hibahkan untuk generasi berikutnya bila saya tidak lagi jadi pengurus," ujarnya.

Mengenai terpilihnya kembali GM Utut Adianto sebagai Ketua Umum, Ketua Pengprov Percasi DKI Jaya, Pandapotan Sinaga mengatakan, Utut Adianto merupakan figur yang pas, karena selain mantan atlet, ia juga rela berkorban untuk kemajuan  catur di Indonesia.

Baca juga : Didukung Listrik PLN, Petani Muda Ini Bawa Pertanian Bali Kian Modern

Terpisah, Sekjen Percasi demisioner, Hendri Hendratno mengatakan pihaknya meminta agar federasi catur international (FIDE) untuk melobi IOC agar  catur bisa dipertandingkan di Olimpiade.

“Kalo tidak Olimpiade musim panas bisa juga Olinpiade musim dingin, ” tandasnya.

Selama perjalanan 4 tahun masa bhakti 2017-2021, PB Percasi telah menorehkan sejumlah prestasi yang pantas disebut “milestone” atau menjadi tonggak-tonggak sejarah baru seperti untuk pertama kalinya cabang olahraga catur menjadi Juara Umum pada SEA Games XXX di Manila/Subic 2019 untuk pertama kalinya mengawinkan gelar juara Zonal 3.3 Asia Timur 2019 dengan GM Susanto Megaranto dan IM Medina Warda Aulia menjadi juara di bagian putra maupun putri.

 Sebelumnya IM Novendra Priasmoro menjadi Juara Asia Junior 2018 dan Ummi Fisabilillah menjadi Juara Asia Timur Junior Putri 2019. Novendra pada awal 2020 juga menjadi Grandmaster baru Indonesia yang ke-8.

Baca juga : Telkom Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Game Indonesia

Yang paling baru adalah empat pecatur Indonesia lolos ke Piala Dunia Catur Sochi 2021 dimana GM Susanto Megaranto, IM Irene Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia berhasil menyamai rekor GM Utut Adianto, yakni lolos hingga putaran kedua.

 “Dengan semangat untuk tertib organisasi, taat aturan dan hukum yang berlaku. Kami memutuskan untuk menyelenggarakan Munas dengan tidak mengabaikan protokol Kesehatan,” ujar Ketum PB Percasi 2017-2021 GM Utut Adianto.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.