Dark/Light Mode

NOC Indonesia Rampungkan Review 40 Cabor SEA Games

Selasa, 15 Maret 2022 13:30 WIB
Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono. (Foto: Dok. NOC Indonesia)
Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono. (Foto: Dok. NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia)  merampungkan review kepada 40 cabang olahraga untuk SEA Games 2021 Vietnam.

Hasil tersebut selanjutnya dimatangkan dalam rapat Komite Eksekutif yang akan menjadi rekomendasi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono mengatakan pihaknya melalui Komisi Sport and Development (KSD) selesai melakukan review dengan 40 federasi nasional (NF) yang dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam. Review sendiri dilakukan mulai 9-14 Maret.

Baca juga : Lawan Persik, 3 Pendekar Cisadane Absen

“Alhamdulillah Komisi KSD telah selesai merampungkan review cabang olahraga tadi malam. Secara tim, kami butuh dua-tiga  hari mendiskusikan hasil review ini dengan Komite Eksekutif untuk membicarakan atlet dan cabang olahraga apa saja yang berangkat menuju SEA Games dan kemudian menjadi rekomendasi kami untuk diberikan kepada Kemenpora,” ujar Ferry, Selasa (15/3).

Komite Olimpiade Indonesia mengundang NF untuk melakukan internal discussion terkait peta kekuatan dan potensi medali yang bisa diraih di SEA Games Vietnam.

Hal ini perlu dilakukan mengingat anggaran pemerintah untuk keperluan keberangkatan multievent 2022 terbatas. Sebagai informasi, fokus Kemenpora dalam PAGU Anggaran Tahun 2022 adalah Asian Games Hangzhou.

Baca juga : Lawan Persija, 4 Pemain Inti Laskar Padjajaran Absen

Sebab sejatinya SEA Games ke-31 di Vietnam dilaksanakan 2021, tetapi SEAGF memutuskan penyelenggaraan ditunda ke Mei 2022 karena pertimbangan pandemi Covid-19 dan tuan rumah saat itu belum siap  dengan venue.

Perubahan jadwal tersebut mengakibatkan kalender 2022 bertambah padat. Setidaknya ada lima multievent yang diikuti Indonesia tahun ini, yaitu SEA Games Vietnam (12-23 Mei), Islamic Solidarity Games Konya (9-18 Agustus), Asian Games Hangzhou (10-25 September), serta Asian Youth Games Shantou (20-28 Desember).  

“Situasi saat ini memang tidak ideal karena SEA Games ke-31 harus ditunda di tahun ini, tetapi kami mengapresiasi pemerintah. Sebab, Pak Menpora juga merespons positif ketika kami mengusulkan bahwa partisipasi Indonesia di SEA Games Vietnam penting karena menjadi bagian solidaritas dan support kita sebagai negara ASEAN,” ujar Ferry.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.