Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenpora Puji Timnas PSAI Tembus Piala Dunia Sepakbola Amputasi

Rabu, 16 Maret 2022 06:54 WIB
Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Raden Isnanta didampingi Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiono saat menjemput kedatangan timnas PSAI di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (15/3). (Foto : Kemenpora)
Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Raden Isnanta didampingi Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiono saat menjemput kedatangan timnas PSAI di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (15/3). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenpora mengapresiasi prestasi yang ditorehkan Tim Nasional (Timnas) Perkumpulan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI) usai lolos menuju Piala Dunia Sepakbola Amputasi di Turki, Oktober 2022 mendatang.

"Selamat datang para pahlawan olahraga Indonesia yang datang dengan supremasi medali dan pialanya," kata Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Raden Isnanta didampingi Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiono saat menjemput kedatangan timnas PSAI di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (15/3).

Skuad Garuda (PSAI) meraih kemenangan di laga kedua Kualifikasi Piala Dunia Amputasi 2022 Zona Asia Timur. Mereka berhasil mengandaskan perlawanan Malaysia dengan skor 3-0 yang diselenggarakan di Stadion Kamalapur, Dhakka, Bangladesh.

Baca juga : Resmi Dikukuhkan, Menpora Amali IGORNAS Terlibat Dalam Percepatan Implementasi DBON

Kemenangan ini membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen grup dengan poin 6. Sementara di peringkat kedua ditempati Jepang, Bangladesh di peringkat ketiga, dan Malaysia di juru kunci.

"Karena Indonesia di tengah pandemi dan juga negara lain, Indonesia yang sedang berjuang untuk menjadi yang terbaik di olahraga, tapi kali ini teman-teman disabilitas telah menghadirkan kebanggaan masyarakat yang luar biasa," tambah Isnanta.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amalia pun merasa bangga dengan prestasi yang diraih Timnas PSAI. "Alhamdulillah hari ini kita menyambut kedatangan Timnas PSAI yang berhasil masuk ke Piala Dunia Amputasi di Turki, Oktober mendatang," ujarnya.

Baca juga : Kementan Gairahkan Petani Milenial Kembangkan Smart Farming

"Ini sejarah pertama bangsa Indonesia dan mereka yang membuatnya. Tentu kita semua bangga dan mudah-mudahan akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang memberikan dukungan kepada timnas PSAI untuk ke Piala Dunianya, Oktober mendatang," tambahnya.

Sepak bola Amputasi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Garuda INAF merupakan tim nasional yang mewakili Indonesia di ajang Piala Asia maupun Piala Dunia Sepak Bola Amputasi.

Saat ini, organisasi induk yang mewadahi sepak bola amputasi ialah Perkumpulan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) atau Indonesia Amputee Football Association (INAF) yang telah diresmikan pada 3 Maret 2018 

Baca juga : STY Tempa Mental Timnas Menuju Piala Dunia U-20

Sosok yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PSAI ialah Yudhi Yahya. Federasi ini menjadi pusat pembinaan sepak bola bagi disabilitas fisik, yakni amputasi kaki, tangan, dan les autres.

PSAI juga dibentuk untuk menyalurkan minat dan bakat penyandang disabilitas sebagai bentuk dari persamaan kesempatan mengembangkan diri dan berprestasi.

Selain itu, tujuan yang saat ini ingin diwujudkan PSAI ialah terbentuknya wadah pembinaan sepak bola amputasi tingkat nasional. Mereka juga ingin mempromosikan dan mempopulerkan sepak bola amputasi di Indonesia. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.