Dark/Light Mode

Okto Harap Tim Bulutangkis Raih Prestasi Di Olimpiade All England

Rabu, 16 Maret 2022 20:14 WIB
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (kanan). (Foto: Istimewa)
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (kanan). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Berdasarkan regulasi National Health Service (NHS), para pemain masuk dalam kategori close contact (kontak erat) sehingga perlu menjalani karantina 10 hari dan BWF tidak mengizinkan pemain Indonesia tampil pada hari kedua turnamen.

Keputusan tersebut membuat Marcus Fernaldi Gideon, ganda putra pasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo, mempertanyakan kebijakan tersebut.

Ia telah bermain di babak pertama setelah menjalani tes PCR dengan hasil negatif. Selain itu, BWF dan Panitia All England juga tidak memberlakukan tes ulang kepada atlet Merah Putih, sebagaimana yang terjadi dengan pemain Denmark, India, dan Thailand yang sempat diketahui positif Covid-19.

Baca juga : Hendra Nggak Mau Lengah Di Laga Pertama All England 2022

Mengetahui kejadian tersebut, NOC Indonesia turun tangan. Terlebih dalam Poin 2.5 Olympic Charter (Piagam Olimpiade) menekankan NOC mengambil aksi melawan segala tindakan diskriminasi dan kekerasan di olahraga.

“Kepentingan NOC Indonesia cabor dan atlet. Insiden All England tentu menjadi catatan kami. BWF sudah meminta maaf, bahkan Presiden BWF (Poul-Erik Hoyer Larsen) menyampaikan Indonesia memiliki arti penting baginya, dan kami membicarakan hal yang lebih besar untuk kemajuan bulu tangkis dan olahraga Indonesia,” ujar Okto.

Indonesia menurunkan kekuatan terbaik di All England 2022. Sembilan wakil yaitu tunggal putra Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putra Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya.

Baca juga : Tak Covid, Jojo Bisa Main Di All England

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Okto merasa gembira karena atlet kita Jonatan yang sebelumnya sempat positif di German Open, kini sudah negatif dan bisa tampil di All England. 

"Semoga semua atlet selalu dalam keadaan bugar dan sehat dan dapat mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di Birmingham,” ujar Okto.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.