Dark/Light Mode

Sabar Ya, Jokowi Pasti Ngasih Bonus Ke Peraih Medali SEA Games

Selasa, 24 Mei 2022 11:56 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali memastikan para atlet yang menorehkan prestasi di SEA Games 2021 Vietnam bakal mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo berupa bonus.

Menpora menjelaskan, apresiasi bonus di ajang multi even olahraga seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade sudah diatur dalam sebuah regulasi.

“Karena ini multi event yang ada di dalam aturan dan regulasi kita. Insya allah Bapak Presiden Joko Widodo akan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan para pelatih, sama dengan SEA Games, Asian Games dan Olimpiade yang lalu. Karena ini multi event jadi sudah ada aturan yang mengatur itu. Tinggal tunggu waktunya aja,” ujar Menpora.

Baca juga : Ini Harapan Sandy Walsh Setelah Timnas Raih Perunggu SEA Games

Indonesia menempati posisi tiga besar dengan meraih 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Keberhasilan itu, tidak lepas dari penerapan paradigma baru olahraga melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 86 tahun 2021.

Pengiriman atlet juga sangat ketat melalui seleksi dari tim review yang terdiri dari para akademisi, praktisi, KOI dan KONI.

Dalam DBON tersebut, target utamanya adalah perbaikan peringkat Olimpiade sementara SEA Games dan Asian Games sebagai sasaran antara. Atlet yang dikirim sebanyak 499 atlet pada SEA Games 2021 Vietnam, jumlah ini lebih sedikit dari atlet yang dikirim pada SEA Games 2019 Filipina yang berjumlha 841 atlet.

Baca juga : Piala AFF- Piala Asia, STY Patekan Pemain SEA Games

“Kita hanya mengirim yang benar-benar lolos dari tim review,” katanya.

Menpora mengakui dalam menerapkan paradigma baru olahraga ini, banyak mendapatkan kritik dan pertanyaan. Terutama  soalncabang olahraga yang tidak dikirim ke SEA Games.

“Kita harus yakin dengan apa yang kita lakukan ini dalam prinsip untuk memperbaiki ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional. Dan Alhamdulillah, apa yang kita lakukan sudah on the track, apa yang kita lakukan ini kita pertahankan dan konsisten kita jadikan sebagai pedoman pembinaan prestasi,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.