Dark/Light Mode

Sejarah, Indonesia Loloskan 4 Petinju Ke Final SEA Games Vietnam

Sabtu, 21 Mei 2022 11:26 WIB
Petinju Indonesia Sarohatua Lumbantobing yang sukses lolos ke final SEA Games Vietnam. (Foto: Istimewa)
Petinju Indonesia Sarohatua Lumbantobing yang sukses lolos ke final SEA Games Vietnam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sukses meloloskan 4 petinju ke babak final cabang tinju SEA Games 2021, di Hanoi, Vietnam. Dalam laga yang dilangsungkan di Mon Thi Dau, Jumat (20/5) hanya satu petinju yang gagal, yaitu Novita Sinandia.

Novita, yang tampil di kelas 51 kilogram putri, tak mampu mengatasi perlawanan petinju Filipina, Irish Magno Ardiente. Novita yang tampil di sudut biru sebenarnya mampu mengimbangi kemampuan Irish. Namun sayang, dewi fortuna belum berpihak kepada petinju asal DKI ini, yang kalah tipis 1-2.

Sementara, tiga petinju lainnya meraih kemenangan. Penampilan hebat ditunjukkan petinju Maikel Roberd Muskita. Petinju asal Bogor yang bertarung di kelas berat ringan atau 81 kilogram tanpa ampun menghajar petinju tuan rumah, Truong Dinh Hoang.

Baca juga : Kenalkan Tari Piring Di Keio University

Wasit terpaksa menghentikan pertandingan di ronde kedua setelah pukulan lurus tangan kanan yang dilancarkan Muskita menghujam deras ke pelipis Truong. Darah langsung bercucuran, karena pelipis Truong pecah. Kemenangan RSC pun diraih Muskita.

Sedang petinju lainnya, Sarohatua Lumbantobing, meraih kemenangan angka saat menghadapi petinju Filipina, Marjon Pianar Anggon, di kelas 63 kilogram. Menurut Manajer Tim Tinju Indonesia Hengky Silatang, Sarohotua lebih dominan sepanjang pertandingan.

“Sahoratua lebih dominan sepanjang pertandingan 3 ronde. Pukulan bersihnya banyak masuk. Sangat wajar kalau dia diganjar dengan kemenangan angka mutlak,” jelas Hengky, saat dihubungi wartawan dari Jakarta, Sabtu (21/5).

Baca juga : KONI DKI Bangga Atlet DKI Raih 10 Emas Di SEA Games Vietnam

Sementara, di kelas 60 kilogram putri, selangkah lagi Huswatun Hasanah akan mendapat hadiah sebuah mobil baru yang dijanjikan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurahman usai melangkah ke babak final. Di babak semifinal, prajurit dengan pangkat Sersan Satu TNI ini meraih kemenangan angka mutlak dari petinju Laos, Duangohay Thalenlep.

Sebelum berangkat ke medan laga, Huswatun Hasanah yang ditemani Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak dan Manajer Tim Hengky Silatang telah menghadap Jenderal Dudung. Dalam kesempatan itu, Dudung menjanjikan hadiah sebuah mobil baru apabila Huswatun mampu meraih medali emas di SEA Games Hanoi 2021.

Sehari sebelumnya, Farand Papendang telah lebih dahulu meluncur ke babak final. Ia mengalahkan petinju asal Filipina. Lawannya, yang menerima sejumlah pukulan telak, harus dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga : Gagal Ke Final, STY Minta Maaf

Hengky menyambut menyambut gembira keberhasilan empat petinjunya lolos ke final. “Ini sejarah bagi pertinjuan Tanah Air. Haru rasanya mampu mengantarkan empat petinju tampil ke final. Semoga keempatnya meraih prestasi tertinggi yakni membawa pulang medali emas,” ujar pemilik Hengky Silatang Boxing Camp (HSBC) Ciseeng, Bogor ini.

Selama ini, para petinju dengan pengawasan langsung pelatih kepala Darman Hutahuruk berlatih dengan tekun di HSBC. Mereka berlatih tanding melawan petinju profesional yang banyak membantu meningkatkan kemampuan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.