Dark/Light Mode

Final Liga Konferensi Eropa AS Roma vs Feyenoord

Buru Gelar Bergengsi

Rabu, 25 Mei 2022 07:00 WIB
Tammy Abraham . (Foto: Getty Images).
Tammy Abraham . (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - AS Roma jadi wakil Italia satu-satunya yang bertahan hingga Final Kompetisi Konferensi Eropa UEFA Conference League (UECL). Klub berjuluk I Lupi atau Serigala Ibu Kota itu akan menghadapi klub asal Belanda, Feyenoord Rotterdam, di Arena Kombetare, Tirana, Albania, dini hari nanti.

Dari pertemuan tersebut, Pelatih AS Roma Jose Mourinho yang paling jadi sorotan. Mourinho diambang catatan sejarah menjuarai seluruh kompetisi Eropa. The Special One -julukan Mourinho telah berhasil membawa tim yang pernah dilatihnya juara Liga Champions dan Liga Eropa.

Pelatih asal Portugal itu ini pun berpeluang membukukan klub Giallorossi sebagai tim yang pertama kali menjuarai kompetisi ini. Jika berhasil, maka catatan kesuksesan Mourinho sebagai pelatih akan semakin apik.

Baca juga : The Reds Buru Gelar Quadruple

Mourinho menilai, final ini adalah partai laga hidup mati bagi AS Roma. “Saya sangat emosional. Bagi kami, ini Liga Champions kami,” ujar Mou sapaan Mourinho.

Pertandingan ini kesempatan terakhir buat Mourinho untuk menyelesaikan musim 2021/2022 dengan torehan gelar juara. Menurutnya, juara Conference League bakal punya makna lebih besar untuk keluarga besar AS Roma, ketimbang AC Milan meraih Scudetto Liga Italia.

I Lupi memang sudah sangat lama tidak mencicipi gelar juara. Kali terakhir mereka merasakannya adalah titel Coppa Italia musim 2007/2008.

Baca juga : AS Roma-Leicester Segel 4 Besar

Mourinho mendeskripsikan, fans AS Roma selalu mendukung tim, baik dalam momen positif maupun sulit.

“Pada akhirnya, jika kami juga bisa memenangkan trofi, saya akan mengatakan itu pantas untuk kami, tetapi lebih pantas untuk para penggemar,” ujar Mourinho.

Namun demikian, langkah Mourinho tentu tidak mudah. Pasalnya, Feyenoord Rotterdam merupakan klub yang mempunyai catatan sejarah yang juga baik.

Baca juga : Liga Conference: AS Roma Dan Leicester Tembus 16 Besar

Feyenoord pernah mengangkat Piala UEFA pada tahun 1974 dan 2002. Tim ini juga merupakan pemenang Piala Eropa pada tahun 1970.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.