Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menpora Zainudin Amali Resmi Membuka Turnamen Piala Presiden 2022

Sabtu, 11 Juni 2022 18:37 WIB
Pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 oleh Menpora Zainudin Amali, Sabtu (11/6). (Foto: Wuryanto/RM)
Pembukaan turnamen Piala Presiden 2022 oleh Menpora Zainudin Amali, Sabtu (11/6). (Foto: Wuryanto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membuka turnamen pramusim karena ada kegiatan yang bersama, Sabtu (11/6).

Rencananya turmamen pramusim ini akan dibuka Presiden Jokowi. "Hari ini kita akan memulai turnamen pra musim Piala Presiden, memang dijadwalkan sedianya Bapak Presiden yang akan membuka.Tapi karena ada kegiatan yang bersamaan maka beliau menugaskan saya ," ujar Menpora, Sabtu (11/6).

Sebelumnya, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa telah mengirimkan undangan pada Presiden Jokowi. Namun, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tak dapat memastikan kedatangan Presiden Jokowi.

Berita Terkait : Warga Serang Dukung Sandiaga Uno Presiden 2024

Sementara itu opening ceremony Piala Presiden 2022 diramaikan dengan penampilan beberapa musisi. Seperti Gea Youbi, Janeta Janet, hingga GIGI. Selain itu, ada juga penampilan 250 penarin jaranan, serta mini match 50 anak SSB vs 4 legend.

Saat sesi jumpa pers, Menpora juga menyampaikan apresiasi kepada PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Polri. Mereka dinilai telah mempersiapkan pembukaan turnamen pramusim ini dengan baik.

Menurut Menpora, hal itu bisa menjadi tolok ukur dalam kesiapan penyelenggaraan kompetisi. Termasuk nanti Piala Dunia U-20 2023, saat Solo menjadi satu di antara kota penyelenggara.

Berita Terkait : Jokowi Dijadwalkan Buka Laga Pramusim Piala Presiden 2022

"Saya meyakini pasti penyelenggara di stadion ini sudah siap, masyarakatnya siap. Saya tidak ada keraguan tentang hal itu, mudah-mudahan bisa langgeng dan sukses," ujar Menpora.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi percaya jajaran kepolisian bisa mengamankan penyelenggaraan Piala Presiden 2022 di Solo dengan baik. Hal itu tak lepas dari persiapan serius yang dilakukan.

"Pengamanan secara rinci di Ring 1 ada 850 personel. Kemudian ada dukungan dari TNI dan penugasan dari Polda," ujar Ahmad Luthfi. ■