Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bola Piala Dunia 2022 Buatan Madiun, Khofifah Bangga

Jumat, 17 Juni 2022 14:18 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas ekspor bola Piala Dunia 2022 buatan Madiun ke lima negara, Kamis (16/6). (Foto: Instagram Khofifah)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas ekspor bola Piala Dunia 2022 buatan Madiun ke lima negara, Kamis (16/6). (Foto: Instagram Khofifah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia ternyata mengirimkan "perwakilan" di Piala Dunia 2022, yang digelar di Qatar, akhir tahun nanti. Bola resmi Piala Dunia 2022 yang diberi nama "Al Rihla", merupakan produksi PT Global Way Indonesia (GWI), Madiun, Jawa Timur (Jatim). Adidas mempercayakan pembuatan bola resmi Piala Dunia kepada pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Pilangkenceng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, itu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bangga dengan hal ini. "Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin," kata Khofifah, saat melepas 50.000 buah bola Piala Dunia ke lima negara, Kamis (16/6).

Tujuan ekspor bola produksi PT Global Way Indonesia (GWI) tersebut yakni Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brazil. Kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1 juta bola dalam setahunnya.

Baca juga : Malam Ini, Bajul Ijo Siap Kejutkan Maung Bandung

Pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi oleh Khofifah bersama Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo. “Alhamdulillah, hari ini kita bersama melepas ekspor bola kelima negara. Kelima negara tersebut kualitas sepak bolanya diakui dunia. Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas Piala Dunia dan siap dilepas ekspor,” ujar Khofifah.

Khofifah berharap, capaian tersebut bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur serta menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lainnya. Terlebih, saat ini Jawa Timur tengah gencar memacu kebangkitan ekonomi yang sempat terkontraksi akibat Pandemi Covid-19.

"Terima kasih karena saya diberi kesempatan untuk menyaksikan bahwa dari kampung pesilat kabupaten Madiun ini melalui Global Way Indonesia telah diberi kepercayaan oleh Adidas untuk menyiapkan bola pada FIFA World Cup 2022 di Qatar. Ini kesempatan luar biasa," kata Khofifah.

Baca juga : Taiwan Ikut Sewot, Piala Dunia Qatar Keserempet Pelanggaran HAM

"Produksi GWI seratus persen ekspor. Mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pengungkit pertmbuhan ekonomi di Madiun serta Jawa Timur," imbuhnya.

Tidak hanya sektor perekonomian, Khofifah menyebut, yang dicapai Kabupaten Madiun tersebut dapat menjadi referensi bagi warga Madiun bahkan seluruh Indonesia untuk semakin semangat meningkatkan prestasi olahraga. "Jika dalam gelaran Piala Dunia 2022 bola resminya diproduksi di Indonesia, kita berharap pada momentum Piala Dunia selanjutnya Timnas Indonesia juga ikut main," ucapnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan, kehadiran Khofifah mampu menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Madiun untuk bekerja lebih baik lagi. Sebagai bupati, ia baru mengetahui bahwa PT GWI memproduksi bola untuk internasional dan memiliki pabrik dengan standar internasional.

Baca juga : Indonesia Open 2022 : Lawan Zhao Jun Peng, Jojo Gagal Balas Dendam

"Saya sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur. Beliau ini jadwalnya padat sekali, tetapi kehadiran Ibu Gubernur memberi semangat bagi kita yang di Madiun," ucap Bupati Ahmad Dawami.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo mengatakan, PT GWI memproduksi berbagai macam aksesoris olahraga termasuk bola. Ia mengucapkan terima kasih kepada Khofifah yang bersedia melepas ekspor PT GWI kali ini. "Mohon doanya semoga semua berjalan dengan baik," pintanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.