Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet: Ground Breaking Sirkuit Bintan Akan Dilakukan Jokowi

Sabtu, 18 Juni 2022 16:53 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri). (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kiri). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menuturkan, ground breaking pembangunan Bintan International Green Circuit di kawasan pariwisata Bintan Resort, Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, akan dilakukan Presiden Jokowi yang juga Bapak Otomotif Indonesia dalam waktu dekat. Bintan International Green Circuit akan menjadi satu-satunya sirkuit yang ramah lingkungan dan digunakan sebagai ajang bergengsi balapan Formula 1 serta balapan internasional lainnya.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan bahwa keberadaan Sirkuit Bintan akan melengkapi Sirkuit Mandalika yang diinisiasi Jokowi dan telah menjadi tuan rumah MotoGP yang menjadi menjadi perhatian dunia. "Kehadiran Bintan International Green Circuit akan menjadikan Indonesia sejajar dengan berbagai negara besar dunia lainnya dalam menyelenggarakan kejuaraan motorsport bergengsi dunia. Apalagi Formula 1 tercatat telah diselenggarakan di 21 negara yang tersebar di 5 benua," ujar Bamsoet, usai menerima Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan tim persiapan pembangunan Bintan International Green Circuit, di Jakarta, Sabtu (18/6).

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di DKI? Yuk, Datang Aja Di 5 Lokasi Ini

Turut hadir antara lain pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pembina Tinton Soeprapto, Robert Kardinal, Andi Rahmat dan Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis.

Ketua MPR ini menjelaskan, pembangunan Bintan International Green Circuit memanfaatkan lahan sekitar seluas 237 hektar. Biaya pembangunan mencapai Rp 1 triliun lebih, yang murni berasal dari konsorsium swasta dan tanpa menggunakan APBN/APBD.

Baca juga : Sambut Libur Sekolah, Aviary Bintaro Siapkan Kegiatan Menarik

"Penentuan lokasi Bintan International Green Circuit dilakukan bersama dengan Pemprov Kepri, Gallant Venture Pte LTD sebagai pengelola kawasan Bintan dan Populous sebagai konsultan internasional dari Inggris yang menangani landscape design kawasan sirkuit. Populous juga sudah mematangkan Detail Engineering Design (DED) termasuk desain lintasan/track sirkuit. Direncanakan dalam lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor roda dua, serta 18 tikungan untuk Formula 1," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, kehadiran Bintan International Green Circuit akan mendukung pengembangan sport automotive tourism di Indonesia. Selain meningkatkan gairah balap mobil dalam peningkatan prestasi atlet, juga bisa menyerap lapangan pekerjaan sekaligus menjadi penggerak ekonomi Kepulauan Riau dan nasional.

Baca juga : Pegiat Medsos: Ganjar-Erick Duet Tepat Teruskan Perjuangan Jokowi

"Saat bertemu Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar beberapa hari lalu, Dubes Singapura mendukung pembangunan sirkuit Formula 1 di Lagoi Bintan. IMI bersama Motor Sport Singapore (MSS) nantinya bisa bersama-sama menyelenggarakan Formula 1 di sirkuit tersebut. Sehingga, Singapura tidak lagi perlu menutup jalan raya, mall, dan berbagai toko dengan biaya kompensasi yang sangat besar dalam menyelenggarakan balapan Formula 1 di sirkuit jalan raya Marina Bay," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.