Dark/Light Mode

Timnas Kanada

Momen Penantian 36 Tahun Les Rouges

Jumat, 15 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Kanada. (Foto: Twitter @canadasoccer).
Timnas Kanada. (Foto: Twitter @canadasoccer).

 Sebelumnya 
Kanada finish dengan mengumpulkan 28 poin, setelah meraih delapan kemenangan dan empat kali seri. Mereka unggul selisih gol atas Meksiko di tempat kedua. Sementara Amerika Serikat berada di posisi tiga dengan terpaut tiga poin.

Timnas Kanada dilatih pria berkebangsaan Inggris, John Herdman. Uniknya, pria 46 tahun ini sebelumnya hanya membesut dua tim, dan keduanya sama-sama tim putri.

John Herdman tak memiliki rapor mentereng dalam kariernya sebagai pemain sepak bola. Dia hanya pernah bermain untuk tim amatir, Hibiscus Coast.

Baca juga : Mendes: Dana Desa Boleh Digunakan Buat Tangani PMK

Namun, Herdman sudah memulai karier kepelatihannya di usia muda ketika masih berstatus mahasiswa sekaligus dosen magang di Northumbria University.

Di sepak bola profesional, dia mengawali karier sebagai juru taktik timnas putri Selandia Baru pada 2006, sebelum pindah ke timnas putri Kanada lima tahun kemudian.

Herdman membawa timnas putri Kanada meraih medali perunggu dua kali berturut-turut di Olimpiade London dan Rio pada 2012 dan 2016.

Baca juga : Titah Jokowi, Ganjar Dukung Penggunaan Masker Di Luar Ruangan

Prestasi gemilang bersama tim putri membuat John Herdman akhirnya ditunjuk menukangi tim putra Kanada pada 8 Januari 2018.

Di bawah asuhan Herdman, Les Rouges mengalami perkembangan pesat. Dia membawa Kanada melejit ke peringkat 33 FIFA pada 2022, yang menjadi posisi tertinggi Les Rouges.

Lalu pada 27 Maret 2022, Kanada memastikan lolos PIala Dunia 2022 untuk pertama kalinya dalam 36 tahun. Ini menjadikan Herdman sebagai pelatih pertama yang sukses membawa timnas putri dan putra ke Piala Dunia.

Baca juga : Jenazah Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tiba Di Tokyo

Sejauh ini, Herdman telah memimpin 43 pertandingan Kanada dan memiliki rapor impresif dengan 30 kemenangan, empat kali seri, dan sembilan kekalahan.

Seluruh kontestan Piala Dunia 2022 belum mengumumkan skuad yang akan diboyong ke Qatar. Namun, nama Alphonso Davies hampir pasti dipanggil pelatih John Herdman.

Bek 21 tahun ini merupakan satu-satunya pemain dari skuad terkini Kanada yang membela klub di liga liga top Eropa, Bayern Munchen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.