Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Timnas Portugal

Selecao Tetap Ditakuti Lawan

Rabu, 20 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Portugal. (Foto: Instagram @cristiano).
Timnas Portugal. (Foto: Instagram @cristiano).

RM.id  Rakyat Merdeka - Grup ini bisa dibilang tidak sulit, tapi juga susah. Selain Uruguay, Korea Selatan juga merupakan tim langganan Piala Dunia. Sementara Ghana juga punya catatan baik di kompetisi ini, meski tidak selalu berpartisipasi.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Korea Selatan, yang dilatih Shin Tae-yong mengalahkan Jerman 2-0 dan sekaligus membuat juara 2014 tersebut tersingkir. Namun demikian, dengan materi dan pengalaman yang dimiliki, di atas kertas Portugal diunggulkan untuk lolos karena kualitasnya.

Baca juga : Gilas Crystal Palace, Man United Menang Telak Lagi

Skuad di Timnas Portugalsaat ini juga cukup mewah. SelainCristiano Ronaldo, mereka masih memiliki Ruben Dias, Joao Cancelo, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, dan Rafael Leao. Portugal kerap tidak diperhitungkan di turnamen besar, pencapaian terbaik mereka di Piala Dunia adalah finis ditempat ketiga, dan itupun diraih pada 1966.

Akan tetapi, Portugal bisa mengejutkan ketika diremehkan. Pada Euro 2016, tak ada yang menyangka mereka bisa keluar sebagai juara. Padahal kala itu mereka lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Andai aturan tersebut tidak ada, maka mereka akan tersingkir.

Baca juga : Di Atas Kertas Ketat, Tapi Praktiknya Zonk…

Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 melalui jalur play-off. Mereka tergabung di Grup A pada masa kualifikasi dan finis di urutan kedua di bawah Serbia. Dari delapan pertandingan di masa kualifikasi, Portugal mencatatkan lima kemenangan, dua imbang, dan satu kekalahan. A Selecao menyelesaikan fase grup dengan raihan 17 poin, selisih tiga angka dengan Serbia.

Pada babak semi-final  playoff Portugal bertemu dengan Turki dan menang 3-1. Kegagalan Burak Yilmaz dalam mengeksekusi penalti di menit-menit akhir turut membantu Portugal lolos ke Qatar. Kemudian pada babak final  playoff Portugal mengalahkan Makedonia Utara 2-0 berkat dua gol dari Bruno Fernandes.

Baca juga : Siap Jadi Kuda Hitam

Makedonia Utara datang ke laga ini dengan bermodalkan kemenangan melawan Italia, tetapi mereka tidak bisa memberikan ancaman selama pertandingan kepada Portugal. Kemenangan tersebut cukup untuk meloloskan Ronaldo dan kawan-kawan ke Qatar 2022.

Sebagai arsitek, Fernando Santos ditunjuk sebagai pelatih Portugal pada 23 September 2014, menggantikan Paulo Bento yang dipecat karena hasil buruk. Tak butuh waktu lama untuk Santos meracik skuad Portugal menjadi sebuah tim yang mengandalkan Cristiano Ronaldo di depan dan strategi sepak bola oportunis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.