Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jadwal Baru Asian Games, NOC Indonesia Imbau Cabor Tetap Fokus Kualifikasi Paris

Rabu, 20 Juli 2022 20:49 WIB
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: dok. NOC)
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: dok. NOC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) memberi perhatian serius terhadap jadwal baru penyelenggaraan Asian Games 2022 Hangzhou.

Organisasi pimpinan Raja Sapta Oktohari berharap federasi olahraga nasional (PP/PB) dapat memerhatikan secara cermat, sehingga padatnya kalender 2023 tidak mengganggu konsentrasi kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Berita Terkait : Prabowo Dianggap Kunci Koalisi Pemilu 2024

Dewan Olimpiade Asia (OCA) bersama China Olympic Committee dan Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC) resmi menetapkan tanggal penyelenggaraan Asian Games Hangzhou yang sempat tertunda karena lonjakan kasus Covid-19 di China.

Semula 10-25 September 2022 kini dijadwalkan berlangsung 23 September-8 Oktober 2023.

Berita Terkait : Program Indonesia Makin Cakap Digital Digelar Di Makassar

“Informasi ini akan kami teruskan kepada cabor yang turun di Asian Games, tetapi kita harus realistis karena waktunya tepat satu tahun sebelum Olimpiade 2024 Paris. Kami mengimbau agar semua cabor memprioritaskan kualifikasi Olimpiade sehingga apabila waktunya bertabrakan dengan kualifikasi Olimpiade, kami menyarankan agar tetap memprioritaskan kualifikasi menuju Paris,” ujar Okto, Rabu (20/7).

Penetapan tanggal Asian Games Hangzhou menambah padatnya kalender olahraga 2023. Ada tiga multievent yang akan diikuti Indonesia tahun depan. Selain Asian Games, ada juga SEA Games 2023 Kamboja pada 5-17 Mei serta ANOC World Beach Games 2023 Bali, di mana Indonesia akan menyambut 1.200 atlet dan 205 NOC serta pimpinan organisasi olahraga internasional, mulai dari ANOC, IOC, serta WADA yang hadir di General Assembly.

Berita Terkait : Wamendag Dorong Token Kripto Asal Indonesia Tembus Pasar Dunia

Di sisi lain, Indonesia juga harus menyiapkan diri dalam perebutan tiket Paris 2024. Sebagai informasi, kualifikasi Paris 2024 sudah dimulai pada Juni 2022 dengan sistem yang sudah ditentukan oleh masing-masing Federasi Internasional.

“Pemerintah sudah menyampaikan bahwa target utama Indonesia adalah Olimpiade, dan sejak awal saya juga berkomitmen agar Indonesia dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya atlet di Olimpiade," ujar Okto.
 Selanjutnya