Dark/Light Mode

Piala Afrika 2019

Senegal Dan Aljazair Bersua di Final

Senin, 15 Juli 2019 05:48 WIB
Ekspresi para pemain Aljazair usai lolos ke final Piala Afrika. Aljazair menang atas Nigeria 2-1 di laga semifinal, Senin (15/7). (Foto : twitter@TNC_Footbal)
Ekspresi para pemain Aljazair usai lolos ke final Piala Afrika. Aljazair menang atas Nigeria 2-1 di laga semifinal, Senin (15/7). (Foto : twitter@TNC_Footbal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Piala Afrika 2019 sampai ke final. Timnas Senegal dan Aljazair akan bertemu di partai pamungkas setelah keduanya mengalahkan lawan masing-masing di babak semifinal, Senin (15/7) dini hari tadi.

Timnas Senegal yang lebih dulu mencapai final setelah mengalahkan Tunisia 1-0 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir.  Ironisnya, kemenangan Senegal berkat gol bunuh diri bek Tunisia, Dylan Bronn. Gol itu menjadi penentu kelolosan Senegal ke final dari laga yang diwarnai dua kegagalan tendangan penalti tersebut.

Kiper Senegal, Alfred Gomis memang layak dapat jempol. Eksekusi Ferjani Sassi pada menit ke-75 berhasil digagalkan. Sekitar enam menit berselang, giliran eksekusi penalti Henri Saivet yang dimentahkan oleh kiper Mouez Hassen, membuat laga waktu normal berakhir imbang tanpa gol.

Baca juga : Senegal Vs Tunisia, Adu Bukti Kualitas

Tapi, Hassen jadi penyebab kekalahan Tunisia di laga tersebut lantaran antisipasinya yang buruk atas tendangan bebas Cheikhou Kouyate. Ba membentur kepala Bronn dan masuk ke gawangnya sendiri pada menit ke-110.

Di tempat terpisah, Aljazair menang secara dramatis atas Nigeria dengan skor 2-1 berkat tendangan bebas yang dieksekusi Riyad Mahrez pada menit terakhir masa waktu tambahan di Stadion Internasional Kairo.

Mahrez sempat berperan besar membuka keunggulan Aljazair pada menit ke-40, ketika umpan silang kerasnya memaksa bek William Troost-Ekong mencetak gol bunuh diri. Nigeria lantas berhasil menyamakan kedudukan dibantu VAR yang memberikan mereka hadiah tendangan penalti dan Odion Ighalo mengeksekusinya dengan baik memperdaya kiper Rais M'Bolhi pada menit ke-72.

Baca juga : Serena Williams, Makin Tua Makin Bertaji

Mahrez memastikan langkah Aljazair ke final lewat tendangan bebasnya yang sukses menaklukkan kiper Daniel Akpeyi. Sebagai tim yang kalah, Tunisia dan Nigeria akan berhadapan dalam laga perebutan tempat ketiga pada Kamis (18/7) dini hari WIB di Stadion Al Salam, Kairo.

Dua hari kemudian, Senegal dan Aljazair bakal memperebutkan trofi Piala Afrika 2019 dalam partai final di Stadion Internasional Kairo. Senegal terakhir kali tampil di final pada 2002, namun kala itu gagal mengangkat trofi usai kalah 2-3 dalam adu penalti melawan Kamerun.

Sementara Aljazair berpeluang meraih trofi Piala Afrika kedua mereka, yang pertama kali mereka dapatkan saat tampil perdana di final pada edisi 1990 di tanah mereka sendiri. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.