Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala AFF U-16

Malam Ini, Timnas U-16 Siap Tempur Lawan Filipina

Minggu, 31 Juli 2022 09:24 WIB
Para pemain timnas U-16. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas U-16. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Minggu (31/7) pukul 20.00 WIB, timnas Indonesia siap berjuang melawan Filipina di ajang Piala AFF U-16 pada laga pembuka Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman .

Pelatih kepala tim U-16 Indonesia, Bima Sakti mengatakan siap untuk laga perdana melawan Filipina.

“Kami sudah melakukan persiapan dari tanggal 11 Juli 2022 dan telah melakukan beberapa kali uji coba lokal. Alhamdulillah, pemain dalam kondisi sehat dan siap lakukan pertandingan besok mengawali turnamen AFF U-16,” bukanya saat konferensi pers jelang pertandingan.

Bima minta anak asuhnya fokus menghadapi Filipina di laga pembuka. Lawan Filipina akan menjadi ujian berat yang harus dihadapi para pemainnya.

Baca juga : Jelang Piala AFF, Timnas U-16 Makin Kinclong

“Menurut saya semua tim di Grup A ini adalah tim yang bagus, mereka punya persiapan yang bagus. Saya sudah menekankan pada semua pemain, harus respek dengan semua tim. Apalagi kita sebagai tuan rumah. Kami ingin berikan edukasi yang baik. Pelajaran baik untuk pola fikir mereka. Jadi kami tak mau ajarkan yang buruk demi pegangan mereka bisa melangkah ke timnas level berikutnya,” sambungnya.

Dari pihak lawan, pelatih Filipina Christopher Pedimonte mengatakan Indonesia juga lawan yang sulit, “Kami mulai TC dari tanggal 6 Juli 2022. Kami memiliki kendala karena pemain ini tak bertanding sepak bola dalam dua tahun terakhir karena kebijakan pandemi negara kami. Tapi kami akan lakukan yang terbaik dan berupaya kompetitif,” sebutnya.

“Kami ada di grup yang sulit, ada Vietnam, Singapura dan Indonesia. Itulah kenapa tadi saya bilang kami akan melalukan yang terbaik. Saya tak bisa memilih mana yang paling kuat karena mereka ada di level top. Namun kami akan melakukan terbaik agar kompetitif.”

“Kami hormati nilai-nilai fairplay dan keadilan. Pemain memanfaatkan kompetisi ini untuk berkembang. Kami berharap mereka mendapatkan pengalaman dan menikmati pertandingan. Saya pikir ini kesempatan kami untuk maju sebagai tim nasional,” ujarnya.

Baca juga : Hati-hati Ada Galon AQUA Palsu! Ini Tips Agar Terhindar

Selain laga dua tim tersebut, sebelum mereka bermain, ada laga antara Vietnam melawan Singapura pada pukul 15.00 WIB di Stadion Sultan Agung Bantul.

Melihat calon lawan, pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan menuturkan bahwa pertandingan pertama penting bagi timnya di kompetisi ini.

“Semua tim kuat di Grup A, punya level yang sama. Setiap tim punya peluang untuk ke semifinal. Khususnya untuk Indonesia karena mereka punya keuntungan sebagai tuan rumah. Suporter Indonesia sangat bersemangat,” ucapnya.

“Bagi saya, fans indonesia itu sangat bersemangat, semarak. Memang ada isu, tapi kami siap menghadapi tekanan dari suporter dalam pertandingan,” sambungnya.

Baca juga : Sidang Praperadilan, KPK Sebut Mardani Maming Terima Suap Rp 104 Miliar

“Kami selalu berikan pemain untuk patuhi regulasi. Kemarin kami intrgitas pssi dan kami katakan ke pemain bahwa kami bermain di kompetisi. Kami minta merrka hormati pemain untuk dapatkan hasil terbaik,” sebutnya.

Sementara itu, pelatih Singapura Angel Toledano menyebutkan dirinya bahagia berada di Indonesia. “Negara yang bagus dengan orang-orang baik, banyak suporter sepak bola. Persiapan kami sudah mulai pertengahan Juni. Kami juga melakukan uji coba lokal dan saya berharap pemain bertanding dengan energi dan melakukan apa yang sudah kami lakukan di latihan. Tapi memang dua tahun terakhir ini pemain tak bisa bermain bola karena regulasi covid-19 pemerintah Singapura. Tapi saya yakin pemain akan menunjukkan yang terbaik dengan energi positif,” jelasnya.

“Saya pikir semua tim di grup ini kuat. Kami sangat respek dengan Filipina, Indonesia, Vietnam. Kami akan mencoba untuk kompetitif dan menatap hari demi hari. Laga pertama kami melawan Vietnam dan kami fokus ke sana. Mencoba yang terbaik sebagai sebuah tim.”

“Saya pikir di turnamen u16 ini pentjng hormari lawan, rendah hati. Khususnya pemain, mereka harus menikmati pengalaman yang bagus ini untuk perkembangan mereka. Bermain melawan tim internasional. Ini harus jadi tujuan. Singapura hormati lawan,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.