Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Piala Dunia 2022 Qatar

Tiga Singa Ingin Ulang Sejarah 1966

Selasa, 2 Agustus 2022 07:00 WIB
Timnas Inggris. (Foto: Getty Images).
Timnas Inggris. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Inggris akan memanfaatkan Piala Dunia 2022 semaksimal mungkin. Pasalnya, tim besutan Gareth Southgate itu, jadi salah satu tim yang punya banyak skuad berlebel bintang.

Jadi, tidak ada alasan bagi The Three Lions - julukan Timnas Inggris, di Piala Dunia Qatar ini menargetkan juara.

Timnas Inggris adalah salah satu tim yang sejatinya dijadikan favorit untuk menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Hal tersebut tidak terlepas dari performa yang diperlihatkan Timnas Inggris saat melakoni fase Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Inggris berhasil memuncaki Grup I dengan raihan total 26 poin. Tidak hanya itu, selisih poin dengan runner up di Grup I dengan Timnas Polandia terpaut jauh, yakni 6 poin.

Bahkan, Timnas Inggris dalam melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, tidak pernah mengalami kekalahan selama 10 laga yang dijalaninya.

Tentunya, raihan tersebut bisa menjadi modal bagi Harry Kane dan kawan-kawan membawa hasil positif di Piala Dunia 2022.

Berita Terkait : Skuad Tim Samba Diisi Tenaga Muda

Selain memiliki pemain berlabel bintang, Timnas Inggris banyak dihuni para pemain muda yang sejatinya memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Bahkan, nama-nama yang menghuni skuad Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022 Qatar nanti memiliki prestasi baik di tingkat lokal, maupun internasional.

Momen Pilala Dunia 2022 Qatar ini sejatinya harus menjadi catatan bagi Timnas Inggris, agar bisa mengulang sejarah di Piala Dunia 1966. Saat itu, Timnas Inggris berhasil membawa trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Sederet pemain muda yang dibawa Gareth Southgate, yakni James Rodriguez, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Trent Alexander Arnold dan Declan Rice.

 

Rodriguez adalah contoh pemain muda yang bersinar di Piala Dunia. Setelah tampil bagus di Piala Dunia 2014 dan mencetak enam gol, James Rodriguez direkrut Real Madrid dengan harga mahal.

Jalan karier James yang begitu mengejutkan tentu saja menjadi inspirasi banyak pemain muda lain. Mereka berlomba-lomba tampil bersinar di Piala Dunia, termasuk pemain muda Timnas Inggris.

Sedangkan Jude Bellingham, yakni gelandang tengah terbaik dunia pada usianya saat ini. Bellingham bahkan menjadi pemain andalan Dortmund untuk mengawal lini tengah di usianya yang masih 19 tahun.

Berita Terkait : Jelang Piala AFF, Timnas U-16 Makin Kinclong

Bakat besar Bellingham membuat Dortmund membayar 25 juta euro untuk membelinya yang masih berusia 17 tahun.

Kualitas operan dan skill mengolah bola tingkat tinggi membuat Bellingham diminati banyak klub top Eropa.

Yang tidak kalah hebat, Bukayo Saka. Kualitas pemain Arsenal ini sudah tidak diragukan lagi. Kecepatan dan dribbling khas menjadi senjata mematikan Inggris di sisi kanan.

Musim lalu, Saka mencetak 11 gol untuk Arsenal di Premier League. Penampilan bagus Saka mengalahkan Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang yang tampil inkonsisten.

Lalu ada Trent Alexander Arnold yang mencetak gol pembuka saat Liverpool juaraCommunity Shield 2022 mengalahkan Manchester City 3-1.

Di bawah asuhan Jurgen Klopp di Liverpool, Trent menjelma menjadi salah satu bek kanan terbaik dunia saat ini. Trent memiliki semua skill yang dibutuhkan bek kanan modern yang baik dalam menyerang.

Lesakkan 12 gol dan 62 assist bersama Liverpool menjadi bukti kapasitas Trent sebagai pendukung terbaik lini serang.

Berita Terkait : Vlahovic Dijuluki The Next Ibra

Kualitas dan pengalaman Trent di Liverpool akan menjadi tumpuan Timnas Inggris di sisi kanan untuk menyuplai bola bagi Harry Kane.

Sedangkan, Declan Rice saat ini berstatus sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Inggris. Bakat dan kepemimpinan Rice di lini tengah bahkan membuat banyak klub top Eropa mengincarnya.

Bahkan West Ham United harus memagari bakat Rice dengan mahar 150 juta euro bagi klub menyandang Kapten West Ham United di usia mudanya.

Jadi sangat wajar, jika Gareth Southgate menjadikan juara di Piala Dunia 2022 Qatar adalah harga mati. ■